Kapan Waktu Terbaik Untuk Melakukan Meditasi?

oleh -68 views
waktu terbaik meditasi

ZETIZEN RADAR CIREBON – Meditasi membantu kita menemukan dan mengembangkan kekuatan, ketahanan, dan fokus batin kita. Tetapi bahkan jika kita mengenali nilai meditasi, tidak selalu mudah untuk menemukan waktu terbaik untuk itu. Dan bahkan jika kita berniat meluangkan waktu, kita mungkin bertanya-tanya bagian mana dari hari itu yang terbaik untuk duduk. (herdi)

Faktanya, waktu terbaik untuk bermeditasi akan tergantung pada gaya hidup Anda dan apa yang ingin Anda peroleh dari latihan Anda. Latihan meditasi secara teratur telah terbukti menghasilkan berbagai manfaat kesehatan.

Apakah Ada Waktu Terbaik?

Jadi apa waktu terbaik untuk bermeditasi – pagi atau sore hari? Para ahli meditasi sependapat bahwa momen meditasi yang ideal bervariasi dari satu orang ke orang lain. Namun demikian, waktu-waktu tertentu dalam sehari cenderung menjadi pilihan utama. Berikut lima di antaranya:

1. Meditasi di pagi hari

Pagi hari sering dianggap sebagai waktu terbaik untuk bermeditasi, karena pikiran tenang dan segar. Sebagian besar dari kita juga cenderung tidak tertidur di dini hari. Orang-orang yang berlatih setiap hari menghargai meditasi pagi karena ini memberikan nada yang tenang dan produktif sebelum aktivitas dan gangguan hari itu dimulai.  

2. Meditasi sepulang kerja

Beberapa orang lebih suka bermeditasi segera setelah mereka pulang kerja, dan untuk alasan yang baik. Jika pekerjaan Anda menuntut fisik atau mental, meditasi adalah cara terbaik untuk meredakan ketegangan yang menumpuk di tubuh dan pikiran selama hari kerja.

Bermeditasi setelah bekerja juga menciptakan batas yang jelas dan membantu antara kehidupan kerja aktif Anda dan kehidupan pribadi Anda. Berkat memiliki waktu “Anda” berkualitas secara teratur, Anda dapat meninggalkan pekerjaan dan kemudian lebih siap untuk hal-hal penting lainnya dalam hidup Anda, termasuk orang yang Anda cintai dan kegiatan rekreasi.

3. Meditasi saat jam makan siang

Kebanyakan meditator memiliki sesi utama mereka di pagi atau sore hari, tetapi meditasi waktu makan siang juga dapat menawarkan istirahat yang sangat dibutuhkan dari hiruk pikuk pekerjaan.

Apakah Anda baru saja menyelesaikan rapat staf yang melelahkan atau Anda sedang bersiap untuk bertemu dengan klien potensial, bermeditasi di tengah hari bertindak sebagai penghilang stres yang efektif. Ini juga membantu mengendurkan otot “meja komputer” Anda.

4. Bermeditasilah setiap kali Anda merasa kewalahan atau stres

Tak pelak, ada saat-saat ketika kita merasa kewalahan, baik di tempat kerja maupun di rumah. Ketika itu terjadi, alih-alih menggunakan obat biasa.

Mindfulness mengajarkan kita bahwa kita dapat mengamati apa yang terjadi dalam pikiran dan tubuh kita tanpa harus bereaksi. Seiring waktu, latihan kita menjadi sifat kedua dan kita mulai mengenali kapan kita perlu berhenti, mengamati, dan mengambil momen penuh perhatian. Jeda ini dapat membantu kita mengatasi situasi stres dengan cara yang lebih produktif dan bermanfaat.

5. Meditasi sebelum tidur

Bagi sebagian orang, inilah saatnya mereka benar-benar dapat bersantai dan keadaan umumnya lebih tenang. Jika Anda menikmati meditasi malam dan dapat tetap waspada, sadar, dan fokus, ini mungkin waktu yang tepat untuk Anda.

Tetapi jika Anda sedang duduk karena meditasi tampaknya merupakan obat penenang yang baik, pikirkan lagi. Inti dari perhatian adalah “perhatian”, dan Anda tidak bisa penuh perhatian dan sadar jika Anda tertidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.