KKN GM, Bantu Masyarakat Kota Cirebon Hidupkan Masjid

oleh -75 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- KKN (Kuliah Kerja Nyata) Gerakan Masyarakat Maghrib (GEMMAR) Mengaji yang kemudian menjadi KKN GM adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral dengan model Tematik Keagamaan berbasis masjid yang berfokus pada Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji. (IND)

KKN ini bertujuan untuk menghidupkan kembali tradisi mengaji sesudah maghrib hingga waktu Isya di Masjid. Tradisi seperti ini sudah mulai memudar seiring perkembangan zaman dan perubahan pola perilaku masyarakat. Oleh karena itu, adanya program ini adalah untuk mempertahankan dan mengaktifkan kembali kegiatan mengaji khususnya di Masjid pada waktu maghrib.

Selain itu, KKN GM ini sejalan dengan program pemerintah Kota Cirebon dalam rangka memberantas buta aksara Qur’an bagi masyarakat Cirebon dan mewujudkan tatanan masyarakat Kota Cirebon yang lebih agamis.

Setidaknya ada sekitar 400 mahasiswa yang mengikuti program ini dan terbagi menjadi beberapa kelompok. Kelompok -kelompok tersebut kemudian tersebar ke 22 kelurahan di 5 kecamatan se Kota Cirebon.

Pelaksanaan KKN GM

Waktu pelaksanaan kegiatan KKN GM ini akan berlangsung selama 3 bulan berturut-turut, mulai Bulan Agustus sampai Oktober 2021. Akan tetapi, setiap mahasiswa peserta KKN mendapat porsi waktu 40 hari dengan skema 13 hari per bulan atau 3 hari dalam sepekan.

Baca Juga: Di Tengah Pandemi, IAIN Cirebon Punya Dua Jenis KKN?

KKN ini pelaksanaannya di Masjid Jami’ yang berlokasi di sekitar Kota Cirebon. Utamanya, yang belum memiliki kegiatan mengaji di waktu setelah Maghrib dan memiliki potensi anak-anak usia sekolah dari dasar hingga menengah.

Selain kegiatan mengaji, mahasiswa peserta KKN juga bisa membuat program kerja lain. Misalnya; bakti sosial, kegiatan majelis ta’lim, sosialisasi kesehatan, dan kegiatan sosial lain yang melibatkan masyarakat di sekitar lokasi.

Pihak kampus dan jajaran panitia penyelenggara berharap kegiatan KKN GM ini akan melahirkan kader atau generasi penerus setelah acara KKN ini selesai, sehingga kegiatan maghrib mengaji bisa terus berlangsung. Oleh karena itu, program KKN GM ini membantu menyiapkan kader guru mengaji yang nantinya akan ditempatkan di Masjid tujuan untuk meneruskan kegiatan maghrib mengaji. Hal ini menjadi tanggung jawab bagi setiap kelompok di kelurahan dan Masjidnya masing-masing.

2 thoughts on “KKN GM, Bantu Masyarakat Kota Cirebon Hidupkan Masjid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *