Korea Selatan Luncurkan Roket Luar Angkasa Pertama “Nuri”

oleh -57 views
Korea selatan roket nuri

Korea Selatan Luncurkan Roket Luar Angkasa Pertama “Nuri”. Korea Selatan telah meluncurkan roket buatan sendiri yang pertama, meningkatkan ambisi negara itu di luar angkasa. (Dheva)

Kendaraan Peluncur Satelit Korea II, yang dikenal sebagai Nuri, lepas landas dari Goheung, sekitar 500 km (310 mil) selatan Seoul.

Presiden Moon Jae-in mengatakan kendaraan itu menyelesaikan urutan penerbangan penuh tetapi gagal dalam tujuannya menempatkan satelit tiruan di orbit.

Peluncuran semacam itu sangat penting untuk program luar angkasa tetapi berpotensi juga memiliki aplikasi militer.

Korea Selatan terkunci dalam perlombaan senjata dengan Korea Utara, dengan keduanya baru-baru ini melakukan uji coba senjata baru. Korea Utara menempatkan satelit di orbit pada tahun 2012.

Nuri menelan biaya Korea Selatan sekitar 2 triliun won (£ 1,23 miliar atau $ 1,6 miliar) untuk dikembangkan. Dengan berat 200 ton dan panjang 47,2 meter, dilengkapi dengan enam mesin berbahan bakar cair.

Dalam komentarnya, Presiden Moon mengakui peluncuran itu gagal mencapai tujuan mereka, tetapi menambahkan: “Tidak lama lagi kami akan dapat meluncurkannya tepat ke lintasan target,” lapor kantor berita Reuters.

Korea Selatan berencana untuk melakukan empat peluncuran lagi Nuri hingga 2027 untuk meningkatkan keandalan, menurut Institut Penelitian Dirgantara Korea (KARI) yang mengawasi peluncuran tersebut.

Sementara Korea Selatan dipandang sebagai pembangkit tenaga teknologi, ia tertinggal dari negara lain dalam pengembangannya untuk eksplorasi ruang angkasa.

Upaya sebelumnya oleh Seoul untuk meluncurkan roket pada 2009 dan 2010 gagal, dengan ledakan kedua beberapa menit setelah lepas landas.

Korea Selatan bertujuan untuk mengirim probe ke bulan pada tahun 2030.

Lihat juga : Kim Seon Ho Di hapus dari Iklan, Bahkan Sebelum Dia Mengaku “Aktor K”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *