Menavigasikan Anggota Keluarga yang Sulit Ditangani

oleh -8 views
anggota keluarga

ZETIZEN RADAR CIREBON – Adalah normal untuk mengalami kesalahpahaman, ketidaksepakatan, atau bahkan keegoisan sesekali di antara anggota keluarga. Bahkan, tantangan dan kesulitan tidak jarang terjadi. (herdi)

Namun, jika Anda menemukan bahwa hubungan Anda dengan kolega atau bahkan hanya satu anggota keluarga tertentu sangat sulit, Anda mungkin perlu meluangkan waktu untuk memeriksa hubungan itu lebih dekat.

Bagaimana Mengelola Hubungan yang Sulit

Jika Anda berjuang untuk menavigasi hubungan yang sulit dengan anggota keluarga, ini dapat membantu untuk menyamakan kedudukan dan menetralisir beberapa kesulitan. Mulailah dengan mengingatkan diri sendiri bahwa Anda tidak memiliki kendali atas tindakan orang lain, tetapi Anda dapat mengubah reaksi Anda.

Berikut adalah beberapa tip lain untuk mengelola hubungan yang sulit secara efektif.

  • Sarankan untuk bertemu di tempat yang netral. Memilih lokasi di mana Anda berdua merasa nyaman dapat membantu menciptakan suasana yang lebih tenang.
  • Persiapkan diri Anda secara mental untuk interaksi Anda. Jika Anda tahu Anda akan mengadakan pertemuan di mana Anda akan berinteraksi dengan anggota keluarga yang sulit, ini dapat membantu untuk mempersiapkan diri Anda sebelumnya.
  • Berempati. Kebanyakan orang sulit tidak dilahirkan seperti itu. Sebaliknya, mereka menjadi sulit berdasarkan pengalaman hidup mereka.

Cara Berinteraksi dengan Anggota Keluarga yang Sulit

Tergantung pada masalah keluarga Anda dan pemicunya, komunikasi mungkin menantang, terutama jika mereka sangat sulit untuk bergaul.

Namun, jika mereka berada di dekat Anda atau sulit diajak berkomunikasi, tips ini mungkin membantu interaksi Anda berjalan sedikit lebih lancar.

Hindari Topik Panas atau Subjek Sensitif

Jika percakapan tentang agama, politik, atau uang biasanya menghasilkan perdebatan sengit, cobalah yang terbaik untuk menghindari topik tersebut. Jika mereka bersikeras membahas masalah yang membuat Anda tidak nyaman, pertimbangkan untuk mendengarkan saja apa yang mereka katakan.

Perhatikan Emosi Anda

Jika Anda menghabiskan banyak waktu dengan anggota keluarga yang sulit, pastikan Anda mengawasi emosi Anda. Perhatikan tingkat stres Anda dan ketahui batasan Anda sendiri. Jika Anda merasa sangat kesal atau stres, cobalah bernapas dalam-dalam atau teknik relaksasi lainnya. Selain itu, cari cara agar Anda bisa melepaskan diri dari stres seperti pergi ke kamar kecil atau mengajak anjing keluar.

Jadilah Disengaja

Meskipun mungkin sangat sulit untuk tidak bereaksi ketika sebuah keluarga mengatakan sesuatu yang keterlaluan atau menjengkelkan, penting bagi Anda untuk berhenti sejenak sebelum merespons. Anda ingin memastikan bahwa respons Anda tenang dan terukur.

Hindari Mencoba ‘Memperbaiki’ Hal

Jika Anda berada di acara keluarga dan pertengkaran meletus atau jika salah satu anggota keluarga Anda mengalami kehancuran, jangan terburu-buru dan mencoba memperbaiki situasi. Demikian juga, jangan mencoba memperbaikinya dengan cara tertentu.

Menahan diri Dari Orang-Menyenangkan

Ketika berhadapan dengan anggota keluarga yang sulit, sangat menggoda untuk terlibat dalam kesenangan orang terutama untuk menjaga kedamaian. Tetap setia pada siapa Anda tidak peduli seberapa sulit situasinya.

Bagaimana Menghadapi Annggota Keluarga Toxic

Tetapkan batas

Putuskan sebelumnya hal-hal apa yang tidak akan Anda toleransi dan apa yang akan Anda lakukan jika anggota keluarga Anda melewati batas itu. Tentu saja, Anda tidak harus berbagi batasan Anda dengan mereka kecuali Anda menginginkannya.

Beri diri Anda izin untuk pergi

Anda tidak boleh memaksakan diri untuk menanggung pelecehan demi keluarga. Jika anggota keluarga Anda melecehkan Anda atau menggertak Anda dengan cara tertentu, izinkan diri Anda untuk pergi.

Selektif tentang informasi apa yang Anda bagikan

Sayangnya, anggota keluarga yang toxic biasanya tidak bisa dipercaya. Untuk alasan ini, berhati-hatilah dengan informasi apa yang Anda bagikan.

Pertimbangkan untuk berbicara dengan seorang konselor

Berurusan dengan hubungan keluarga yang sulit bisa sangat menegangkan dan sulit ditangani secara emosional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.