Mencari Kepuasan dan Kebahagiaan Menurut Psikologi

oleh -116 views
kepuasan

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kebahagiaan adalah keadaan emosional yang ditandai dengan perasaan senang, puas, puas, dan puas. Sementara kebahagiaan memiliki banyak definisi berbeda, kebahagiaan sering digambarkan sebagai melibatkan emosi positif dan kepuasan hidup. (herdi)

Ketika kebanyakan orang berbicara tentang kebahagiaan, mereka mungkin berbicara tentang bagaimana perasaan mereka saat ini, atau mereka mungkin mengacu pada perasaan yang lebih umum tentang bagaimana perasaan mereka tentang kehidupan secara keseluruhan.

Dua komponen kunci kebahagiaan (atau kesejahteraan subjektif) adalah:

  • Keseimbangan emosi: Setiap orang mengalami emosi, perasaan, dan suasana hati yang positif dan negatif. Kebahagiaan umumnya terkait dengan mengalami lebih banyak perasaan positif daripada negatif.
  • Kepuasan hidup: Ini berkaitan dengan seberapa puas Anda merasa dengan berbagai bidang kehidupan Anda termasuk hubungan Anda, pekerjaan, prestasi, dan hal-hal lain yang Anda anggap penting.

Jenis Kepuasan dan Kebahagiaan

Ada banyak cara berpikir yang berbeda tentang kebahagiaan. Misalnya, filsuf Yunani kuno Aristoteles membuat perbedaan antara dua jenis kebahagiaan yang berbeda: hedonia dan eudaimonia.

  • Hedonia: Hedonis berasal dari kesenangan. Hal ini paling sering dikaitkan dengan melakukan apa yang terasa baik, perawatan diri, memenuhi keinginan, mengalami kenikmatan, dan merasakan kepuasan.
  • Eudaimonia: Jenis kebahagiaan ini berasal dari mencari kebajikan dan makna. Komponen penting dari kesejahteraan eudaimonic termasuk perasaan bahwa hidup Anda memiliki makna, nilai, dan tujuan.

Semua ini dapat memainkan peran penting dalam keseluruhan pengalaman kebahagiaan, meskipun nilai relatif masing-masing bisa sangat subjektif. Beberapa kegiatan mungkin menyenangkan dan bermakna, sementara yang lain mungkin lebih condong ke satu atau lain cara.

Misalnya, menjadi sukarelawan untuk tujuan yang Anda yakini mungkin lebih bermakna daripada menyenangkan. Menonton acara tv favorit Anda, di sisi lain, mungkin peringkatnya lebih rendah dalam arti dan lebih tinggi pada kesenangan

Beberapa jenis kebahagiaan yang mungkin termasuk dalam tiga kategori utama ini meliputi:

  • Sukacita: Perasaan yang seringkali relatif singkat yang dirasakan pada saat ini
  • Kegembiraan: Perasaan bahagia yang melibatkan menantikan sesuatu dengan antisipasi positif
  • Syukur: Emosi positif yang melibatkan rasa syukur dan penghargaan
  • Kebanggaan: Perasaan puas atas sesuatu yang telah Anda capai
  • Optimisme: Ini adalah cara memandang hidup dengan pandangan positif dan optimis
  • Kepuasan: Jenis kebahagiaan ini melibatkan rasa kepuasan

Cara Berlatih

Sementara beberapa orang cenderung lebih bahagia secara alami, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menumbuhkan rasa bahagia Anda.

Mengejar Tujuan Intrinsik

Mencapai tujuan yang secara intrinsik termotivasi untuk Anda kejar, terutama yang berfokus pada pertumbuhan pribadi dan komunitas, dapat membantu meningkatkan kebahagiaan.

Nikmati Momennya

Penelitian telah menemukan bahwa orang cenderung menghasilkan lebih banyak—mereka menjadi begitu fokus pada mengumpulkan hal-hal sehingga mereka kehilangan jejak untuk benar-benar menikmati apa yang mereka lakukan.

Membingkai Ulang Pikiran Negatif

Ketika Anda menemukan diri Anda terjebak dalam pandangan pesimistis atau mengalami hal negatif, carilah cara agar Anda dapat membingkai ulang pikiran Anda dengan cara yang lebih positif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.