Merasa Kesepian? Ini Alasan Kamu Tidak Punya Teman

oleh -6 views
kesepian

ZETIZEN RADAR CIREBON – Jika Anda merasa tidak memiliki teman atau bergumul dengan rasa kesepian, Anda tidak sendirian. Sebagai orang dewasa, mungkin tampak sulit atau tidak mungkin untuk membuat koneksi baru, tetapi jika Anda mau berusaha, Anda pasti bisa membangun hubungan baru. (herdi)

Baca Juga :Negara yang Dikenal dengan Perempuan Tercantik (Part 1)

Alasan Mengapa Anda Tidak Dapat Berteman

Ada banyak alasan mengapa seseorang berjuang untuk mendapatkan teman. Alasan-alasan ini diuraikan di bawah ini.

Kecemasan

Bagi sebagian orang, kekhawatiran ini dapat mengganggu kemampuan mereka untuk terhubung dengan orang lain karena sangat sulit untuk fokus dan terlibat dalam percakapan ketika merasa gugup atau tidak yakin tentang diri kita sendiri. Perasaan tidak nyaman ini juga dapat mendorong kita untuk menghindari berteman.

Lain kali Anda mencoba berteman, periksa pikiran dan perasaan Anda untuk melihat apakah Anda merasa gugup, takut, atau tidak yakin. Kemudian tanyakan pada diri Anda apakah pikiran atau perasaan ini membantu atau menghambat kemampuan Anda untuk berteman.

Penghindaran

Apakah ada peluang yang mungkin Anda tolak atau hindari karena Anda ingin menghindari kesulitan yang datang dengan berteman? Sering kali penghindaran kita terhadap hal-hal sulit dapat luput dari perhatian atau tidak perlu dipertanyakan lagi.

Jadi, ketika Anda menolak kesempatan sosial, tanyakan pada diri sendiri mengapa. Berhati-hatilah dengan keputusan itu dan dari mana asalnya.

Harapan tinggi

Orang mungkin memberikan banyak tekanan pada diri mereka sendiri untuk menjadi populer dan memiliki beberapa teman. Tidaklah penting untuk memiliki banyak teman; terkadang, yang di butuhkan hanyalah satu atau dua teman untuk menuai semua manfaat psikologis yang datang dari persahabatan yang mendalam.

Dampak Kesehatan Mental Merasa Kesepian dan Tidak Memiliki Teman

Persahabatan dan keterikatan itu penting. Karena mereka sangat penting bagi kesejahteraan kita secara keseluruhan, kurangnya teman atau pertemanan yang dangkal dan dangkal dapat membahayakan kesehatan mental Anda.

  • Kurangnya rasa memiliki: Menemukan dan mempertahankan persahabatan yang erat memberi kita rasa memiliki, yang merupakan faktor pelindung yang membantu kita mengelola stres.
  • Kesepian: Rasa “kebersamaan” dan dukungan, sering di temukan dalam persahabatan dekat, dapat membantu kita mengatasi tantangan apa pun yang menghadang kita dengan lebih baik. Sebaliknya, kurangnya dukungan sosial yang memadai, yang mungkin di rasakan oleh seseorang yang tidak memiliki persahabatan yang berarti, mendorong kesepian dan keterasingan.
  • Kesulitan kesehatan mental: Kesepian dan isolasi merupakan faktor risiko yang signifikan untuk berbagai kesulitan kesehatan mental karena kita adalah makhluk sosial yang menginginkan dan membutuhkan ikatan yang erat dan bermakna dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.