Mindfulness! Cara Berlatih Melabeli Pikiran Kita

oleh -103 views
minddfulness

ZETIZEN RADAR CIREBON – Meditasi mindfulness adalah teknik menghilangkan stres yang sangat efektif yang membawa banyak manfaat. mindfulness dapat di praktikkan secara virtual di mana saja dan kapan saja, karena tidak memerlukan keheningan atau area meditasi khusus atau posisi fisik. Ini hanya membutuhkan kehadiran pikiran. (herdi)

Namun, ada bukti bahwa bahkan satu sesi meditasi dapat efektif dalam mengurangi stres, dan bahkan hanya beberapa menit meditasi dapat membuat perbedaan, jadi berlatih mindfulness atau teknik meditasi lainnya dapat membantu untuk waktu yang lama.

Bahkan praktisi meditasi berpengalaman merasa lebih menantang beberapa hari daripada yang lain, tetapi manfaat datang setelahnya, jadi mempelajari teknik ini sepadan dengan usaha kecil yang di perlukan untuk berlatih.

Mindfulness memungkinkan Anda untuk memeriksa pola pikir kebiasaan Anda, mengambil langkah mundur, dan mendapatkan beberapa perspektif. Itu juga hanya memutus siklus perenungan. Dan ini lebih sederhana daripada beberapa bentuk meditasi, jadi ini bagus untuk pemula. Mari kita mulai.

Dapatkan Keyamanan

Idealnya, akan sangat bagus untuk memiliki tempat yang tenang, bebas gangguan, kursi yang nyaman, dan beberapa menit untuk fokus pada latihan ini. Dengan latihan, atau dalam keadaan darurat, Anda dapat berlatih ini kapan saja Anda memiliki waktu luang sendirian dengan pikiran Anda, seperti ketika Anda sedang bekerja, melakukan tugas-tugas duniawi, atau bersiap-siap untuk tidur.

Perhatikan Pikiran Anda

Dalam beberapa menit, atau bahkan detik, Anda akan melihat pikiran melayang ke dalam pikiran Anda. Saya dingin, saya flu. Aku harus membuat makan malam malam ini. Aku ingin tahu apa maksudnya ketika Joe mengatakan hal itu sebelumnya. Pikiran akan merayap masuk. Idenya adalah untuk mengamatinya dan menahan diri untuk tidak terlibat. Cukup perhatikan mereka, dan biarkan mereka pergi.

Labeli Pikiran Anda

Memberi label pada pikiran Anda meningkatkan kesadaran Anda tentang hal-hal yang Anda pikirkan, yang sangat membantu jika Anda mencoba mengubah pola pikir kebiasaan Anda menjadi lebih memberdayakan dan optimis.

Berguna/Tidak Berguna

Anda cukup memberi label apakah suatu pemikiran konstruktif atau tidak. Ini adalah perbedaan yang sangat sederhana yang dapat mencakup hampir semua pemikiran. Cukup beri label “berguna” atau “tidak berguna”, dan biarkan mereka pergi.

Jenis Pikiran

Anda dapat melabeli pikiran Anda dengan lebih mendalam dengan mengelompokkannya menurut fungsinya. Pikiran yang dapat diberi label sebagai “penilaian”, “perencanaan”, “ketakutan”, dan “mengingat”.

Sensasi Fisik

Jenis kesadaran lain yang mungkin terbawa adalah kesadaran tubuh—Anda mungkin memperhatikan dan memusatkan perhatian pada apa yang Anda lihat atau rasakan. Cukup beri label pada benda apa adanya sebagai sensasi: “keras”, “hangat”, “gatal”. Akui mereka dan biarkan mereka pergi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.