Ngantuk Saat Belajar? Berikut Cara Mengatasinya

oleh -15 views
tidur saat belajar

ZETIZEN RADA CIREBON – Saat menjelang ujian biasanya kita berusaha untuk menambah jam belajar. Banyak dari kita yang merasa ngantuk saat belajar dan membawa buku serta bahan referensi. Dalam skenario seperti itu kita memiliki dua keputusan untuk dibuat, menyerah untuk beristirahat (tidur) atau menjaga diri kita tetap terjaga. Tidur datang dengan sangat mudah, tetap terjaga adalah bagian yang merepotkan. (herdi)

Penyebab Tidur Saat Belajar

Sebelum membahas secara detail cara-cara menghindari tidur saat belajar, penting untuk memiliki tinjauan singkat tentang penyebab rasa ngantuk saat belajar. Kesalahan mendasar terletak pada otak. Otak membutuhkan banyak ATP untuk berfungsi (ATP adalah Adenosina trifosfat).

Otak menggunakan ATP dan mengubahnya menjadi ADP. ATP membuat otak tetap terjaga dan fungsi tubuh. Tapi begitu Anda mulai menggunakan ATP terlalu cepat, seperti saat belajar, banyak ATP diubah menjadi ADP. ADP, tidak seperti ATP, tidak dapat mengimbangi kebutuhan energi otak dan fungsi otak menjadi tumpul dan menjadi tidak mampu untuk tetap terjaga dan membuat keputusan.

Siklus Tidur Bangun

Pada setiap hari, ada dua periode ketika tubuh memiliki kecenderungan alami untuk tidur. Kedua periode tersebut adalah pada jam-jam larut malam (antara tengah malam dan jam 7 pagi) dan lagi pada tengah hari (antara jam 1 siang dan 4 sore). Ketika orang terjaga selama dua waktu ini, mereka tertidur secara tidak sengaja. Ini terjadi terutama jika seseorang tidak cukup istirahat.

Bagaimana Menghindari Rasa Ngantuk Saat Belajar?

Sekarang setelah Anda mengetahui penyebab tidur selama belajar, Anda akan lebih memahami cara menghindari tidur selama belajar. Beberapa cara agar tidak ngantuk saat belajar adalah sebagai berikut:

Hindari Aktivitas Fisik (latihan)

Jika Anda mendorong tubuh Anda di siang hari, ada banyak kemungkinan Anda tertidur lebih awal dari hari-hari biasa. Jika Anda terus-menerus pergi ke gym, tubuh Anda akan menginginkan pekerjaan yang tidak terlalu berat untuk dilakukan.

Tetap nyalakan lampu di kamar Anda

Banyak orang melakukan kesalahan dengan hanya menyalakan lampu meja di malam hari saat belajar. Apa yang dilakukan adalah membuat suasana nyaman. Dengan hanya menyalakan lampu meja, area ruangan yang masuk akal berada dalam kegelapan. Ingat, tempat tidur kosong di kamar jauh lebih menawan dengan lampu mati.

Jangan berbaring di tempat tidur saat belajar

Duduk di kursi dengan sandaran di depan meja saat Anda belajar. Ketika Anda berbaring di tempat tidur sambil belajar, Anda mungkin masuk ke mode malas. Ketika ini terjadi, Anda tidur dan mengucapkan selamat tinggal pada buku.

Jangan makan berat

Jika Anda memiliki makanan berat, Anda pasti merasa malas secara alami. Ketika Anda merasa malas sebagai aturan umum Anda memukul tempat tidur. Fokus dan daya retensi Anda berkurang karena penggunaan makanan yang berlebihan. Umumnya makan siang dan makan malam lebih awal ditentukan untuk siswa.

Hindari mempelajari mata pelajaran atau topik yang sulit di malam hari

Pada malam hari Anda merasa lebih lamban jika Anda mengerjakan bab yang rumit atau mempelajari mata pelajaran yang sulit. Tinggalkan sedikit merepotkan untuk belajar hari. Di malam hari, Anda harus memilih topik yang mudah, menarik dan menawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.