Penipisan Ego dan Pentingnya Pengendalian Diri

oleh -98 views
ego

ZETIZEN RADAR CIREBON – Orang sering dihadapkan pada kecenderungan alami yang menuntut kepuasan. Menyerah pada perasaan seperti itu tidak selalu realistis, dapat di terima secara sosial, atau bahkan sehat. Dan akhirnya mengarah ke penipisan ego. Untuk menghadapi tantangan seperti itu, orang harus menggunakan pengendalian diri untuk mengatur tindakan mereka. Sangat sering, kita perlu menunda pemuasan dorongan ini sampai waktu dan tempat yang lebih tepat. (herdi)

Manajemen diri seperti itu membutuhkan banyak usaha mental, baik kognitif maupun emosional. Beberapa dari upaya ini membutuhkan lebih sedikit kemauan, sementara yang lain menuntut lebih banyak. Bahkan tindakan pengendalian diri yang relatif kecil dapat berdampak buruk.

Penipisan ego terjadi ketika orang menggunakan kemauan yang tersedia untuk satu tugas. Akibatnya, mereka tidak dapat menggunakan tingkat pengendalian diri yang sama pada tugas-tugas berikutnya yang seringkali tidak berhubungan.

Kemauan adalah sumber daya yang terbatas. Gagasan di balik teori ini adalah bahwa tekad adalah seperti otot yang dapat diperkuat dan juga lelah. Misalnya, jika Anda kelelahan melakukan sprint, Anda akan kurang mampu melakukan tugas fisik lainnya.

Pengendalian diri itu penting. Memiliki pengendalian diri yang baik bermanfaat dalam beberapa hal. Orang yang memiliki tingkat pengendalian diri yang tinggi mungkin memiliki hubungan yang lebih baik dan tingkat pencapaian yang lebih tinggi. Sebaliknya, mereka yang kurang memiliki pengendalian diri dapat mengalami konflik sosial dan prestasi akademik yang buruk.

Riset

Konsep penipisan ego telah mengambil beberapa pukulan keras dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa ulasan penelitian menunjukkan bahwa efeknya mungkin kurang kuat daripada yang di yakini sebelumnya. Dan meta analisis yang di perbarui menyimpulkan bahwa hal tersebut tidak ada sama sekali.

Peneliti lain telah mengusulkan bahwa penipisan ego bukan hanya akibat dari menguras sumber daya pengendalian diri yang terbatas. Sebaliknya, mereka menyarankan bahwa pergeseran dalam motivasi, perhatian, dan emosi memainkan peran penting.

Penyebab Penipisan Ego

Berbagai faktor dapat berkontribusi pada penipisan ego dan membuatnya lebih sulit untuk mengendalikan diri dan mendapatkan kembali tekad Anda, termasuk:

  • Tekanan emosional: Jika Anda merasakan tekanan emosional, tekad Anda akan lebih cepat habis.
  • Ketidakakraban: Dibutuhkan lebih banyak energi untuk mencoba sesuatu yang baru.
  • Kelelahan ilusi: Jika Anda berpikir suatu situasi akan membebani mental, Anda akan menjadi lelah secara mental lebih cepat.
  • Gula darah rendah: Memiliki gula darah rendah dapat membuat lebih sulit untuk menahan godaan.
  • Pilihan: Jika Anda dipaksa untuk melakukan sesuatu, Anda akan memiliki kontrol diri yang lebih sedikit daripada jika Anda diizinkan untuk membuat keputusan sendiri.
  • Disonansi kognitif: Melakukan atau mengatakan sesuatu yang bertentangan dengan keyakinan Anda dapat mengurangi kontrol diri Anda.
  • Detak jantung: Para peneliti telah menemukan bahwa semakin bervariasi detak jantung Anda, semakin sedikit kendali diri yang Anda miliki.

Contoh Penipisan Ego

Ada banyak contoh bagaimana penipisan ego dapat memengaruhi perilaku Anda baik dalam skala besar maupun kecil. Apa yang mungkin terjadi jika Anda mendapati diri Anda rendah kendali diri karena penipisan ego?

Kecil Kemungkinannya untuk Membantu Orang Lain

Penipisan ego juga telah terbukti memiliki pengaruh pada apa yang di kenal sebagai perilaku prososial, atau interaksi sosial yang dirancang untuk membantu orang lain.

Efek

Jadi apa dampak penipisan ego sebenarnya pada kehidupan Anda sehari-hari? Ada beberapa cara agar fenomena ini dapat memengaruhi perilaku dan keputusan Anda:

Diet

Para peneliti telah menemukan bahwa pelaku diet kronis lebih rentan terhadap penipisan ego daripada non-diet. Karena pelaku diet menerapkan begitu banyak tekad untuk mengendalikan asupan makanan mereka, mereka menjadi lebih rentan kehilangan kendali diri dalam menghadapi godaan.

Pengambilan Keputusan

Studi juga menemukan bahwa ketika pembeli mengalami penipisan ego, mereka cenderung membuat keputusan pembelian yang buruk atau impulsif.

Banyaknya pilihan yang di hadapi konsumen dapat menyebabkan penipisan tersebut.

Performa

Ketangguhan mental dan tekad sangat penting untuk kinerja atletik, tetapi para peneliti telah menemukan bahwa ini cenderung menurun setelah tugas-tugas mental yang sulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.