Petrichor! Dibalik Aroma Harum Setelah Hujan

oleh -15 views
air hujan

ZETIZEN RADAR CIREBON – Jika Anda pernah tinggal di luar kota besar, baunya langsung dapat di kenali aroma tanah petrichor saat hujan menyentuh tanah kering. Sekarang, penelitian baru telah mengungkap mengapa bukan hanya kita manusia yang tertarik pada bau yang sangat menyenangkan ini. (herdi)

Bau harum yang bisa kita deteksi setelah hujan berasal dari senyawa organik yang di sebut geosmin, yang di produksi oleh mikroba, termasuk bakteri genus Streptomyces. Kita juga tahu bahwa Streptomyces melepaskan geosmin ketika mereka mati, dan bahwa manusia dan makhluk lain sangat selaras dengannya. Pertanyaannya, tentu saja, adalah – mengapa ini terjadi?

Menurut Penelitian

Sebuah tim peneliti internasional mulai menjelaskan mengapa bakteri menghasilkan geosmin, dan apakah makhluk lain dapat menikmati baunya seperti kita.

Dan yang Mereka Temukan.

Dalam jaringan perangkap lapangan yang di beri umpan dengan koloni Streptomyces coelicolor, mereka menemukan daya tarik yang signifikan dari springtail (Collembola) di bandingkan dengan perangkap kontrol.

Tim melakukan sejumlah percobaan baik di lapangan maupun di laboratorium untuk melihat efek geosmin dan senyawa lain yang disebut 2-methylisoborneol (2-MIB) pada makhluk hutan. Terutama springtails arthropoda kecil dengan embel-embel seperti ekor, yang hidup di bahan organik seperti serasah daun di lantai hutan.

Ternyata springtail adalah penggemar berat geosmin. Mereka dapat merasakannya dengan antena mereka, tertarik padanya, dan akan memakan Streptomyces yang memproduksinya.

Tapi mengapa bakteri berusaha keras hanya untuk dihirup oleh arthropoda? Meskipun menghasilkan bau yang enak untuk dimakan mungkin terdengar seperti waktu yang buruk bagi kebanyakan orang, Streptomyces sebenarnya punya rencana.

Streptomyces bertindak, dalam banyak hal, seperti jamur. Ini sangat mirip dengan jamur berfilamen, dan ketika siap untuk bereproduks. Ia menciptakan spora, yang dapat menyebarkan bakteri yang baru lahir jauh dan luas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa produksi geosmin dan 2-MIB merupakan bagian integral dari proses sporulasi, melengkapi siklus hidup Streptomyces dengan memfasilitasi penyebaran spora oleh arthropoda tanah.

Lain kali Anda mencium bau hujan, Anda dapat menikmati kenyataan bahwa apa yang Anda cium adalah seluruh lingkaran kehidupan dengan caranya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.