Self Control! Berikut Cara untuk Meningkatkannya

oleh -10 views
self control

ZETIZEN RADAR CIREBON – Self Control adalah kemampuan untuk mengatur dan mengubah respons Anda untuk menghindari perilaku yang tidak di inginkan, meningkatkan yang di inginkan, dan mencapai tujuan jangka panjang. Dan penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki self control dapat menjadi penting untuk kesehatan dan kesejahteraan. (herdi)

Pentingnya Self Control

Seberapa penting self control dalam kehidupan sehari-hari? kurangnya kemauan sebagai faktor utama yang menghalanginya mencapai tujuan.

Manfaat self control tidak terbatas pada prestasi akademik. Satu studi kesehatan jangka panjang menemukan bahwa tingkat self control yang tinggi selama masa kanak-kanak memprediksi kesehatan kardiovaskular, pernapasan, dan gigi yang lebih besar di masa dewasa, serta peningkatan status keuangan.

Menunda Gratifikasi

Kemampuan untuk menunda kepuasan, atau menunggu untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan, merupakan bagian penting dari self control. Biasanya orang sering dapat mengontrol perilaku mereka dengan menunda pemuasan keinginan mereka.

Sistem “Panas-Dingin”

Sistem panas mengacu pada bagian dari kemauan kita yang emosional, impulsif, dan mendesak kita untuk bertindak sesuai keinginan kita. Karena ketika sistem ini mengambil alih, kita mungkin menyerah pada keinginan sesaat kita dan bertindak gegabah tanpa mempertimbangkan potensi efek jangka panjangnya.

Sedangkan sistem dingin adalah bagian dari tekad kita yang rasional, bijaksana. Sistem yang satu ini membantu kita mencari cara untuk mengalihkan kita dari dorongan kita dan menemukan cara yang lebih tepat untuk menangani keinginan kita.

Motivasi dan Pemantauan

Menurut psikolog, kurangnya kemauan bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi pencapaian tujuan. Jika Anda bekerja menuju suatu tujuan, tiga komponen penting harus ada:

  • Perlu ada tujuan yang jelas dan motivasi untuk berubah. Memiliki tujuan yang tidak jelas atau terlalu umum (seperti menjadi lebih kuat) dan motivasi yang tidak memadai dapat menyebabkan kegagalan.
  • Anda perlu melacak tindakan Anda menuju pencapaian tujuan. Menetapkan tujuan saja tidak cukup.
  • Anda harus memiliki kemauan. Mampu mengendalikan perilaku Anda adalah bagian penting untuk mencapai tujuan apa pun.

Tips

Sementara penelitian menunjukkan bahwa pengendalian diri memiliki keterbatasan, psikolog juga menemukan bahwa hal tersebut dapat diperkuat dengan strategi tertentu.

Hindari Godaan

Ini adalah cara yang efektif untuk memaksimalkan pengendalian diri Anda yang ada. Menghindari godaan memastikan bahwa Anda tidak “menghabiskan” kendali diri Anda yang tersedia sebelum benar-benar dibutuhkan.

Rencana ke Depan

Pertimbangkan kemungkinan situasi yang dapat mematahkan tekad Anda. Jika Anda dihadapkan pada godaan, tindakan apa yang akan Anda ambil untuk menghindari menyerah? Penelitian telah menemukan bahwa perencanaan ke depan dapat meningkatkan kemauan.

Berlatih Menggunakan Self Control

Sementara kendali Anda mungkin akan habis dalam jangka pendek, secara teratur terlibat dalam perilaku yang mengharuskan Anda untuk melakukan pengendalian diri akan meningkatkan kemauan Anda dari waktu ke waktu.

Ingatkan Diri Anda akan Konsekuensinya

Sama seperti pengendalian diri yang dapat membantu Anda mencapai tujuan dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda, kurangnya self control dapat berdampak buruk pada harga diri, pendidikan, karier, keuangan, hubungan, dan kesehatan serta kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.