Sulit Bangun Di Pagi Hari? Periksa Kesehatan Mentalmu

oleh -82 views
bangun di pagi hari

ZETIZE RADAR CIREBON – Pernahkah Anda mencoba untuk bangun tetapi tidak bisa? Meskipun terkadang mengantuk di pagi hari adalah hal yang normal, terutama jika Anda memiliki minggu yang sibuk atau begadang agak terlambat, terus-menerus tidak bisa bangun di pagi hari terkadang bisa menjadi tanda masalah kesehatan mental. (herdi)

Selain itu, pola tidur yang terganggu dapat memperburuk kesehatan mental Anda dan memperburuk penyakit mental yang ada

Untuk alasan ini, penting untuk tidak mengabaikan ketidakmampuan kronis untuk bangun di pagi hari. Apakah Anda tidur tepat melalui alarm Anda atau berbaring di tempat tidur terlalu lelah untuk bangun, ada solusi yang dapat Anda terapkan setelah Anda memahami penyebab yang mendasari kantuk Anda.

Masalah Kesehatan Mental yang Mempengaruhi Kemampuan Anda untuk Bangun di Pagi Hari

Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan mental yang dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk bangun di pagi hari.

Depresi

Jika Anda berjuang untuk bangun di pagi hari, ada kemungkinan Anda hidup dengan depresi. Gejala depresi lainnya termasuk perasaan sedih, hampa, atau putus asa sepanjang hari dan perubahan nafsu makan atau pola tidur.

Anxiety

Kondisi kesehatan mental seperti kecemasan juga dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk bangun. Orang yang berjuang dengan kondisi ini sering merasa stres dan kewalahan di siang hari, yang dapat menyebabkan masalah tidur di malam hari.

Ini berarti Anda mungkin tidak dapat tertidur atau tetap tertidur untuk waktu yang lama setiap malam, sehingga sulit untuk bangun keesokan paginya.

Bipolar Disorder

Potensi penyakit mental lain yang dapat membuat sulit untuk bangun di pagi hari adalah gangguan bipolar. Kondisi ini ditandai dengan perubahan suasana hati. Pasang surut yang menyertainya dapat menyebabkan masalah tidur di malam hari.

Seasonal Affective Disorder

Gangguan afektif musiman adalah kondisi kesehatan mental lain yang dapat membuat sulit untuk bangun di pagi hari.

ADHD

Orang yang memiliki attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) juga mungkin merasa sulit untuk bangun di pagi hari. Ini karena mereka yang memiliki kondisi ini cenderung tidur dalam waktu yang lebih singkat dan merasa seolah-olah mereka kurang tidur saat bangun tidur.

PTSD

Gangguan stres pasca-trauma (PTSD) juga dapat menyebabkan Anda tidur lebih lama di malam hari dan lebih sulit bangun. Hal ini karena penderita PTSD sering mengalami mimpi buruk atau kilas balik yang mengganggu kemampuan mereka untuk mendapatkan istirahat malam yang baik sehingga menyebabkan mereka merasa lelah keesokan harinya.

Tips Mengatasi Ketidakmampuan Bangun

Jika kondisi kesehatan mental membuat Anda sulit untuk bangun, berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengatasinya:

  • Bicaralah dengan teman atau anggota keluarga yang Anda percayai dan beri tahu mereka apa yang terjadi dengan Anda, sehingga mereka dapat memberikan dukungan.
  • Pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat sepanjang hari, sehingga tubuh Anda akan memiliki energi yang dibutuhkan saat pagi tiba.
  • Rawat kondisi kesehatan mental yang mendasarinya. Jika ketidakmampuan Anda untuk bangun disebabkan oleh kondisi kesehatan mental lain, carilah perawatan dari seorang profesional.
  • Tidur siang untuk mengejar ketertinggalan jika Anda tidak bisa tidur di malam hari karena kondisi kesehatan mental Anda.
  • Ciptakan rutinitas sebelum tidur yang menenangkan. Lakukan hal-hal seperti mandi air hangat atau membaca sebelum tidur; ini akan membantu mempersiapkan tubuh dan pikiran Anda untuk tidur nyenyak.
  • Sementara kondisi ini berdampak pada orang sepanjang tahun, orang yang lebih rentan akan melihat gejala mereka menjadi lebih buruk selama bulan-bulan musim dingin ketika sinar matahari kurang tersedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.