Teknologi Terhadap Dunia Kesehatan! Baik Atau Buruk

oleh -31 views
teknologi

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bagi banyak orang selama satu setengah tahun terakhir, dunia telah ada terutama melalui layar. Dengan langkah-langkah jarak sosial yang diterapkan untuk melindungi individu agar tidak terinfeksi virus corona, teknologi telah melangkah untuk mengisi kekosongan koneksi fisik. (herdi)

Pergeseran ini sangat penting, dengan lonjakan luar biasa yang terjadi pada kondisi kesehatan mental. Penelitian juga menunjukkan hubungan potensial bagi beberapa orang antara memiliki COVID-19 dan mengembangkan kondisi kesehatan mental  baik sebelumnya memilikinya atau tidak.

“Risiko akses yang lebih besar adalah bahwa pintu air terbuka bagi siapa saja untuk mengatakan apa pun tentang kesehatan mental, dan tidak ada proses pemeriksaan atau cara untuk benar-benar memeriksa kredibilitas.”

— NAOMI TORRES-MACKIE, PHD

Ketergantungan yang meningkat pada teknologi untuk memfasilitasi perawatan dan dukungan kesehatan mental ini tampaknya bersifat permanen. Torres-Mackie telah menyaksikan dokter kesehatan mental menghilangkan kekhawatiran mereka tentang layanan virtual selama pandemi dan percaya bahwa mereka akan terus berlanjut untuk selamanya.

Aksesibilitas Adalah Manfaat Teknologi yang Luar Biasa

Setiap ahli yang di wawancarai setuju: Aksesibilitas adalah manfaat tak terbantahkan dan tak terpisahkan dari peningkatan kehadiran kesehatan mental secara online. Torn menunjukkan, “Kami dapat mengakses informasi, termasuk informasi dan perawatan kesehatan mental yang belum pernah ada sebelumnya, dan biayanya rendah.”

Sementara beberapa orang mungkin masih khawatir tentang mencoba terapi digital. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu adalah strategi yang efektif untuk mengelola kesehatan mental Anda. Sebuah tinjauan tahun 2020 dari 17 studi yang menemukan bahwa sesi terapi perilaku kognitif online setidaknya sama efektifnya dalam mengurangi keparahan gejala depresi daripada sesi tatap muka.

Ada Keterbatasan Kesehatan Mental dan Kedekatan Teknologi yang Meningkat

Salah satu keterbatasan paling umum dari perawatan dan kesadaran kesehatan mental berbasis teknologi adalah kemungkinan informasi yang menyesatkan atau tidak akurat.

Jika Anda menghadiri sesi digital dengan terapis, mudah untuk memeriksa kualifikasi dan ulasan mereka. Namun, untuk sebagian besar sumber daya kesehatan mental online lainnya. Ini bisa lebih menantang tetapi tetap sama pentingnya untuk memverifikasi keahlian dan manfaatnya.

Ini sebagai peringatan bahwa, meskipun ada lembaga pemandu, pasar masih berisi. Produk, sumber daya, dan layanan yang tidak di atur, banyak di antaranya tersedia melalui internet. Jadi, sangat penting untuk melakukan uji tuntas saat mempertimbangkan penggunaan Gadget kesehatan mental apa pun.

Rumah seseorang tidak selalu menjadi tempat mereka dapat menjelajahi kesehatan mentalnya dengan aman. Bagi banyak individu, rumah bukanlah tempat yang aman karena pelecehan, kecanduan, keluarga yang beracun, atau lingkungan hidup yang tidak sehat.

Karena pandemi dan batasan umum pada tempat-tempat pribadi di luar rumah untuk menyelami perasaan pribadi Anda, seseorang dalam situasi ini mungkin berjuang untuk menemukan peluang bantuan.

Durasi Layar Juga Dapat Berdampak Negatif

Karena perawatan kesehatan mental terus menyebar ke platform online. Dokter dan individu harus bersaing dengan kecanduan masyarakat yang semakin meningkat terhadap teknologi dan aspek negatif waktu layar yang di perpanjang.

Media sosial, khususnya, telah terbukti berdampak negatif pada kesehatan mental seseorang. Sementara aspek-aspek tertentu seperti terapi Zoom dan influencer kesehatan mental perlu melihat layar. Anda dapat menggunakan opsi digital lain seperti aplikasi meditasi tanpa terus-menerus menatap perangkat Anda.

Apa yang Harus Diwaspadai saat Anda Mengeksplorasi Kesehatan Mental Dalam Teknologi

Tidak ada yang semuanya buruk atau semuanya baik dan itu berlaku untuk peningkatan kehadiran kesehatan mental dalam teknologi. Yang penting adalah menyadari bahwa, gadget adalah alat, dan sama seperti alat apa pun, dampaknya bergantung pada cara penggunaannya.

Dengan mengingat hal itu, perhatikan berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk online. Kami menghabiskan lebih sedikit waktu di luar, dan lebih banyak waktu terpaku pada layar kami. Orang-orang terus-menerus membandingkan kehidupan mereka dengan kehidupan orang lain di media sosial, membuatnya lebih sulit untuk hadir pada saat itu dan benar-benar menjalani hidup kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.