Teman Anda Perokok Kronis? Ini Dia Cara Membantunya

oleh -17 views
perokok

ZETIZEN RADAR CIREBON – Perokok remaja mungkin dimulai dengan tidak sengaja, tetapi itu bisa menjadi masalah jangka panjang. Faktanya, sebagian besar perokok dewasa mulai merokok saat remaja. Untuk membantu teman Anda yang masih remaja agar tidak ketagihan, ikuti tips ini. (herdi)

1. Berikan Contoh yang Baik

Remaja yang merokok lebih sering terjadi pada remaja yang orangtuanya merokok. Jika Anda merokok, berhentilah. Tanyakan kepada dokter Anda tentang cara berhenti merokok.

Berikan contoh dan lingkungan yang kurang akan perokok, dengan itu teman remaja Anda akan berpikir lingkungan tanpa asap rokok adalah hal yang normal dan baik baginya.

2. Pahami Daya Tariknya

Perokok remaja dapat menjadi bentuk pemberontakan atau cara untuk menyesuaikan diri dengan kelompok teman tertentu. Remaja mungkin merokok untuk merasa keren atau mandiri.

3. Katakan Tidak

Anda mungkin merasa teman Anda tidak mendengar sepatah kata pun yang Anda ucapkan, tetapi tetap katakan. Beri tahu teman Anda bahwa merokok dan vaping tidak di perbolehkan menjadi teman. Ketidaksetujuan Anda akan perokok remaja berdampak lebih dari yang Anda pikirkan.

4. Berpikir Di Luar Rokok

Remaja sering berpikir bahwa rokok elektronik (e-rokok), serta tembakau tanpa asap, rokok kretek (kretek), rokok rasa permen (bidis) dan pipa air (hookah), kurang berbahaya atau adiktif daripada rokok tradisional. Tetapi mereka semua membawa risiko kesehatan.

Selain itu, Food and Drug Administration merekomendasikan agar kaum muda tidak menggunakan produk rokok elektrik apa pun.

5. Ingatkan Dampak Buruknya

Ingatkan teman Anda bahwa merokok memberi Anda bau mulut. Itu membuat pakaian dan rambut Anda bau, dan membuat jari dan gigi Anda menjadi kuning. Merokok juga bisa membuat Anda batuk kronis.

6. Jadi Perhitungan

Merokok itu mahal. Bantu teman Anda menghitung biaya mingguan, bulanan, atau tahunan untuk merokok atau vaping setiap hari. Anda dapat membandingkan biaya merokok dengan biaya ponsel pintar, pakaian, atau kebutuhan remaja lainnya.

7. Harapkan Tekanan Sebagai Teman Sebayanya

Berikan teman Anda alat yang dia butuhkan untuk menolak rokok. Latih cara menangani situasi sosial yang sulit. Mungkin sesederhana mengatakan, “Tidak, terima kasih. Saya tidak merokok.” Jadilah lingkungan yang aman tanpa asap rokok baginya dan teman-temannya. Beri teman Anda sosialisasi dan bahan obrolan agar terus berbicara dan melupakan rokoknya.

8. Tanggapi Kecanduan Dengan Serius

Kebanyakan remaja percaya bahwa merokok sesekali tidak akan menyebabkan mereka menjadi kecanduan dan jika mereka menjadi perokok biasa, mereka dapat berhenti merokok kapan saja mereka mau. Remaja, bagaimanapun, bisa menjadi kecanduan setelah merokok sesedikit lima bungkus rokok. Sekalinya sudah kecanduan, akan sangat sulit untuk berhenti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.