5 Manfaat Seni Bela Diri untuk Kesehatan Mental

oleh -241 views
seni bela diri

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pernahkah Kamu mendengar seseorang mengatakan bahwa berlatih seni bela diri telah mengubah hidup mereka? Mungkin Kamu bertanya-tanya apakah Kamu dapat mengubah hidup Kamu juga. Hal ini karena pencak silat, menurut banyak ahli kesehatan, memiliki beragam manfaat kesehatan. Ini tidak hanya terbatas pada tubuh fisik kita, tetapi juga keadaan emosional kita. (herdi)

Sederhananya, berlatih seni bela diri apa pun memiliki manfaat mental dan fisik. Beberapa menganggapnya sebagai hasil balas dendam, tetapi menurut beberapa penelitian, keefektifannya telah terbukti.

Ketegasan dan stabilitas emosional, peningkatan harga diri dan pengurangan depresi dan kecemasan adalah beberapa dampak positif yang di milikinya.

Pencak silat contohnya, dengan berlatih itu kita bisa mendapaat beberapa manfaat seperti dapat mengembagkan karakter, self healing, melatih rasa percaya diri, dan banyak lagi.

Jadi, mengapa mereka sangat membantu untuk kesehatan mental? Jika Kamu ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana seni bela diri berkontribusi pada pikiran yang sehat, posting ini akan memberikan beberapa wawasan yang sangat bagus.

1. Mengurangi Stres

Winston Churchill pernah berkata bahwa kesuksesan bukanlah final, dan kegagalan bukanlah hal yang fatal. Yang penting adalah keberanian untuk melanjutkan.

Namun, Kamu dapat memerangi ini dengan pelatihan seni bela diri. Ini termasuk cardio, yang membantu orang melawan efek buruk dari stres dan kecemasan. Selanjutnya, sebagian besar sesi pelatihan ini mencakup sesi pernapasan dan meditasi, yang juga membantu mengurangi tingkat stres.

2. Lepaskan Kemarahan

Bersikap baik itu penting, karena setiap orang yang Kamu temui kemungkinan besar akan melalui pertempuran yang tidak Kamu ketahui.

Karena seni bela diri melibatkan latihan aerobik yang intens, ini dapat membantu Kamu melepaskan amarah yang menumpuk. Menurut beberapa peneliti, seni bela diri memerangi efek negatif yang berhubungan dengan kemarahan. Jika Kamu tidak dalam kondisi pikiran yang ideal, mudah untuk menyerang dan bertindak tanpa berpikir dengan benar.

Seperti yang sudah Kamu ketahui, pengendalian diri adalah bagian penting dari latihan seni bela diri, yang berkaitan erat dengan perhatian. Pelatihan ini pada akhirnya membantu Kamu menjadi lebih disiplin.

3. Kurangi Frustrasi

Bruce Lee pernah berkata, ”Ambil apa adanya, pukul saat harus dan tendang saat harus.”

Frustasi pasti terjadi. Sesi pelatihan seni bela diri adalah kombinasi dari latihan kardio dan latihan otot, keduanya merupakan cara yang sangat baik untuk membuat Kamu rileks dan melepaskan frustrasi.

4. Meningkatkan Self Esteem

Jika Kamu mengalami momen rendah dalam hidup, seni bela diri sebenarnya dapat meningkatkan harga diri Kamu. Sebagian besar individu dengan tingkat kepercayaan diri yang lebih rendah mengalami hal ini secara teratur, dan itu benar-benar mempengaruhi kemampuan mereka untuk mengikuti kegiatan sehari-hari mereka.

Mereka juga menjadi sangat tidak nyaman ketika harus berinteraksi dengan orang lain, dan ini pada akhirnya merusak kehidupan sosial, ikatan keluarga, dan bahkan pertumbuhan pribadi mereka.

5. Tingkatkan Fokus Kamu

Muhammad Ali pernah berkata, bukan gunung di depan yang membuatmu lelah, tapi kerikil di sepatumu.

Pelatihan seni bela diri dirancang dengan cara yang membantu Kamu fokus pada satu titik, tergantung pada sesinya. Saat sesi dimulai, semua gangguan itu hilang, dan Kamu dibiarkan berkonsentrasi pada saat ini.

Jika Kamu melakukan ini secara teratur, pikiran Kamu akan belajar untuk menjernihkan persepsi Kamu sesuai kebutuhan, dan Kamu akan dapat fokus pada tugas-tugas seperti pekerjaan penting tanpa terganggu setiap menitnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.