8 Cara Produktif di Media Sosial

oleh -73 views
Source: blog.anashir.com

ZETIZEN RADAR CIREBON- Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat berpengaruh besar pada kehidupan sosial manusia, salah satunya adalah media sosial (Medsos).

media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang. Dampak media sosial telah berubah, dari sekedar menjadi hiburan, kini menjadi bagian yang terintegrasi penuh dari hampir setiap aspek kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi, jika salah punggunaannya, medsos juga dapat memberikan dampak buruk bagi penggunanya termasuk orang lain. (IND)

Nah, oleh sebab itu, warganet harus bisa pahami bagaimana memanfaatkan teknologi ini dengan baik.Terutama bagi mereka yang masih usia sekolah dan remaja, pandai-pandailah dalam memilah informasi dan menyebarkan informasi, cerdas dalam memilih akun yang diikuti.

Berikut sejumlah tips dan kiat yang berhasil dirangkum Pikiran-rakyat.com dari berbagai sumber agar warganet cerdas berselancar saat menggunakan media sosial.

1. Gunakan bahasa komunikasi yang benar

Walaupun sosial media adalah dunia maya, undang-undang tetap mengawasi tindakan kita dalam media sosial. Oleh sebab itu tetaplah menjaga kesantunan dalam memberikan komentar. Jangan sampai menyinggung, menyakiti atau membully orang lain.

2. Kontrol diri

Jangan curhat di media sosial karena itu akan mengundang pikiran negatif dari orang-orang. Selain itu, kontrol emosi anda jangan sampai memberikan komentar yang tidak pantas kepada orang lain apalagi hujatan-hujatan yang tidak berguna.

3. Berpikir ulang

Sebelum memutuskan untuk mengunggah sesuatu, mari berpikir berkali-kali agar apa yang kita unggah tidak menyebabkan sesuatu yang merugikan diri kita sendiri atau orang lain.

5. Hanya manfaatkan sisi positif 

Media sosial punya banyak sisi positif yaitu; menjalin silaturahmi, mempromosikan jualan/dagangan kita, menemukan jejak teman lama dan lainnya. Hanya manfaatkan medsos untuk hal-hal positif saja.

6. Telusuri fakta

Awas ini yang berbahaya, jangan sampai Anda menjadi penyebar berita bohong alias hoaks. Ada baiknya Anda telusuri fakta sebelum menyebarkan hal-hal yang tidak dipahami di medsos.

7. Jaga data pribadi dan privasi

Setiap orang memiliki hak asasi manusia untuk dapat melindungi diri dan atau pribadinya. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945, Pasal 28 G yang berbunyi: “Setiap orang berhak atas perlindungan diri pribadi, keluarga, kehormatan, martabat, dan harta benda yang di bawah kekuasaannya, serta berhak atas rasa aman dan perlindungan dari ancaman ketakutan untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu yang merupakan hak asasi”.

Perlidungan ini juga mencakup perlindungan data pribadinya. Setiap individu tentunya memiliki hak privasi atas data pribadi yang dimilikinya yaitu hak untuk dapat mengatur, mengedit, mengelola dan menghapus data pribadi yang dia miliki dan menentukan kapan, bagaimana dan untuk apa data tersebut dikomunikasikan kepada pihak lain.

Baca Juga: Penggunaan Media Sosial Sebagai Terapi Mental

8. Filter akun-akun yang diikuti

 media sosial ternyata sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental. Kita seringkali ‘silau’ dengan kehidupan orang lain yang kita lihat di medsos, dan membandingkannya dengan kehidupan kita.

Padahal, semua yang tampil di  medsos hanyalah kulit luar yang tidak kita ketahui isi sebenarnya. Mengatasi hal itu, ikutilah akun-akun bermanfaat, menghibur, atau kredibel yang justru bisa menambah wawasanmu. Jauhi akun-akun yang sekiranya toxic dan tidak memiliki kegunaan apapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *