Amankah Alkohol dalam Skincare?

oleh -57 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Banyak kontroversi atas penggunaan alkohol dalam produk skincare. Sebab, ada alkohol yang memang memiliki potensi untuk merusak skin barrier (lapisan kulit terluar) kamu sehingga membuat kulit super kering. Namun, ada juga alkohol yang ternyata mampu membantu melembapkan kulit. Lalu amankah hal tersebut? (Nd)

Agar tidak makin bimbang untuk membeli atau menghindari produk skincare berbahan dasar alkohol, ada baiknya kamu mendengar langsung penjelasan dari ahlinya.

Amankah Kandungan Alkohol yang Terkandung dalam Skincare untuk Kulit?

Fungsi Alkohol dalam Skincare

Lauren Fine, MD, dokter kulit bersertifikat di Chicago Cosmetic Surgery and Dermatology menyatakan bahwa alasan menambahkan alkohol dalam produk skincare adalah dapat membuat tampilan produk terlihat elegan dan mudah menyerap di kulit. Selain itu, alkohol juga berfungsi sebagai pengawet meskipun peran itu sebenarnya dapat tergantikan oleh bahan lain yang terkandung dalam produk skincare.

Jenis-Jenis Alkohol dalam Skincare

Biasanya kata alkohol mewakili dan mencakup semua jenis alkohol yang ada di dalam skincare. Padahal, ada tiga macam alkohol dalam skincare sebagai berikut:

Simple alcohols

Memiliki sifat antibakteri dan berfungsi sebagai pelarut bahan lain dalam skincare. Jenis alkohol ini tidak akan membuat kulit kering asal dikombinasikan dengan bahan dan rasio yang tepat. Contohnya: ethanol, methanol, dan propanol.

Fatty alcohols

Kebalikan dari simple alcohol, jenis alkohol ini membantu menghidrasi dan menenangkan kulit. Contohnya: cetearyl alcohol, cetyl alcohol, dan isostearyl alcohol.

Aromatic alcohols 

Sesuai dengan namanya, alkohol ini pada produk yang mengandung wewangian. Alkohol ini dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi, terutama pada kulit sensitif. Contohnya: benzyl alcohol.

Tips Sebelum Membeli Skincare Beralkohol

Bisa disimpulkan bahwa skincare yang mengandung alkohol tidak selalu buruk bagi kulit. Meskipun memang tidak bisa dipungkiri bahwa kandungan alkohol yang berlebihan juga bisa merusak kulit. Karena itu, untuk menghindari dampak negatif dari penggunaan skincare yang mengandung alkohol, simak tips berikut.

Perhatikan Letak Alkohol dalam Ingredients List

Jika alkohol seperti ethanol, methanol, ethyl alcohol, denatured alcohol, isopropyl alcohol, SD alcohol, dan benzyl alcohol menempati enam peringkat teratas dari sebuah produk skincare, kamu harus waspada. Jenis alkohol tersebut akan membuat kulitmu kering. Skenario terburuknya, skin barrier akan tergerus dan menyebabkan kulit menjadi iritasi.

Perhatikan Kandungan Lain dalam Skincare

Sure, alcohols could be a bad news. Namun, jangan terburu-buru menyalahkan alkohol saat penggunaan skincare tertentu membuat kulitmu kering dan mengalami iritasi. Cari tahu dulu apakah skincare milikmu juga mengandung paraben, seperti methylparaben dan butylparaben. Jangan lupa untuk memastikan bahwa produk yang kamu gunakan juga bebas pewangi sintetis.

Sumber: Beautynesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.