Android Telah Merilis OS Baru Bernama Pragati OS

oleh -68 views
Pragati OS

ZETIZEN RADAR CIREBON – Beberapa waktu silam, Microsoft secara resmi merilis sistem operasi anyarnya yang bernama Windows 11. Seakan tidak mau kalah, Android pun rilis sistem operasi terbarunya yang bernama Pragati OS. (mrg)

Sistem operasi teranyar dari Android tersebut, merupakan sebuah kolaborasi antara perusahaan yang bergerak dalam bidang telekomunikasi, Reliance Jio dan Google. OS tersebut akan ditanamkan pada smartphone terbarunya, yaitu JioPhone Next, yang merupakan smartphone dengan spesifikasi entry-level.

Sekedar flashback, pada Desember 2017, Google mengumumkan Android Oreo Go yang merupakan versi ‘ringan’ dari Android Oreo. Seakan menyasar pasar entry-level, setiap peluncuruan sistem operasi terbaru dari Android selalu menyertakan versi ‘ringan’ dengan akhiran “Go”.

Sama halnya dengan Pragati OS yang ditanam pada JioPhone Next, merupakan sebuah smartphone entry-level yang dibuat khusus untuk pasar India. Google dalam postingan blog-nya pun menekankan bahwa sistem operasi tersebut dirancang sedemikian rupa untuk kenyamanan para pengguna ponsel di India.

Baca juga : Hati-Hati ada Aplikasi Berkedok “Squid Game” yang Berisikan Malware

Hadir Dengan Aplikasi Berbasis Android Go

JioPhone Next dilengkapi dengan aplikasi berbasis Android Go, seperti di antaranya Google Go, Assistant Go, Gallery Go, dan Camera Go. Meski mengusung fitur berdasarkan Android Go, namun semua aplikasi yang terdapat pada ponsel tersebut telah disesuaikan.

Salah satu contohnya adalah kini Google Assistant Go pada ponsel tersebut sudah mendukung beberapa bahasa India yang berbeda. Para pengguna dapat berinteraksi dengan smartphone tersebut, dan mendapatkan respon dalam bahasa yang sama, membuat aktivitas tentunya akan semakin mudah.

Selain mendukung bahasa yang berbeda, aplikasi Google Go dapat menerjemahkan isi situs menjadi bahasa India yang disesuaikan dengan referensi pengguna. Tak hanya itu, ponsel ini dapat membacakan teks melalui aplikasi Camera Go yang telah miliki integrasi penuh dari Snapchat.

OS terbaru hasil kolaborasi antar Reliance Jio dan Google ini hanya tersedia untuk India, brott. Jadi, buat kamu yang penasaran dengan ponsel pintar tersebut, kita hanya bisa menunggu review yang ada di Youtube.

Sumber : Gamebrott

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.