Anhedonia! Tidak Mampu Merasakan Kesenangan `

oleh -60 views
anhedonia

ZETIZEN RADAR CIREBON – Anhedonia, atau ketidakmampuan untuk merasakan kesenangan selama aktivitas yang menyenangkan, terjadi sebagai bagian dari sejumlah kondisi. Ini juga dianggap sebagai ciri utama depresi. Dalam fitur Spotlight ini, kami mengeksplorasi apa yang terjadi di otak.(herdi)

Kebanyakan orang, pada titik tertentu dalam hidup mereka, akan kehilangan minat pada hal-hal yang dulunya menggairahkan mereka.

Anhedonia, bagaimanapun, mengambil kerugian ini sampai batasnya; menjadi tidak mungkin untuk menarik kesenangan dari hal-hal yang pernah menimbulkan kegembiraan, seperti musik, film, makanan, dan percakapan.

Apa Penyebabnya?

Selain gangguan depresi mayor, itu dapat terjadi sebagai bagian dari kondisi lain, termasuk skizofrenia, psikosis, dan penyakit Parkinson, serta anoreksia nervosa dan gangguan penyalahgunaan zat.

Bahkan mungkin berperan dalam keinginan individu untuk menikmati perilaku berisiko, seperti terjun payung.

Para ilmuwan berpikir anhedonia mungkin terkait dengan perubahan aktivitas otak. Anda mungkin memiliki masalah dengan cara otak Anda memproduksi atau merespons dopamin, zat kimia suasana hati yang “merasa baik”. Beberapa penelitian awal (pada tikus) menunjukkan bahwa neuron dopamin di area otak yang disebut korteks prefrontal mungkin terlalu aktif pada penderitanya.

Gejala Anhedonia

Ada dua jenis utama anhedonia:

  • Sosial. Anda tidak ingin menghabiskan waktu dengan orang lain.
  • Fisik. Anda tidak menikmati sensasi fisik. Pelukan membuat Anda merasa kosong dan bukannya terpelihara. Makanan favorit Anda terasa hambar. Bahkan seks bisa kehilangan daya tariknya.

Gejala-gejalanya adalah berikut:

  • penarikan sosial
  • kurangnya hubungan atau penarikan dari hubungan sebelumnya
  • perasaan negatif terhadap diri sendiri dan orang lain
  • berkurangnya kemampuan emosional, termasuk memiliki lebih sedikit ekspresi verbal atau nonverbal
  • kesulitan menyesuaikan diri dengan situasi sosial

Tampilan Luar Anhedonia

Ketidakmampuan untuk mengalami kesenangan dapat memengaruhi kualitas hidup Anda. Dan kasus terburuknya adalah sampai erpikir untuk bunuh diri. Hubungi dokter Anda segera jika Anda merasa seperti ini. Setelah Anda memulai perawatan, Anda harus dapat mulai merasakan kesenangan lagi. Anhedonia biasanya hilang setelah depresinya dikelola.

Perawatan

Untuk perawatannya, bisa Anda langsung pergi menemukan ahlinya. Lalu Anda akan diberi beberapa perawatan berupa terapi dan sebagainya. Namun kalau yang mengalaminya merupakan kerabat atau orang yang Anda kenal, coba jadikan dirimu sebagai tempatnya bercerita. Beri dia kepercayaan agar mau berbagi ceritanya dengan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.