Apa Itu Efek Mandela dan Kenapa Itu Terjadi?

oleh -168 views
efek mandela

ZEIZEN RADAR CIREBON – Produser film Robert Evans dengan terkenal mengatakan, “Ada tiga sisi dari setiap cerita: sisimu, sisiku, dan kebenaran.” Evans benar dalam beberapa hal, karena orang dapat secara keliru membuat kenangan palsu atau pseudomemori. Ini adalah kasus untuk efek Mandela. (herdi)

Ini terjadi ketika sekelompok besar orang percaya suatu peristiwa terjadi padahal sebenarnya tidak. Ada banyak contohnya dalam budaya populer.

Mengapa Efek Mandela terjadi?

Efek Mandela mendapatkan namanya ketika Fiona Broome, seorang “konsultan paranormal” yang mengidentifikasi dirinya sendiri, merinci bagaimana dia mengingat mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela yang meninggal pada 1980-an di penjara, meskipun Mandela hidup hingga 2013.

Broome bisa menggambarkan mengingat liputan berita kematiannya dan bahkan pidato dari jandanya tentang kematiannya. Namun tidak ada satupun yang terjadi.

Jika pikiran Broome terjadi secara terpisah, itu akan menjadi salah satu faktornya. Namun, Broome menemukan bahwa orang lain berpikiran sama persis dengannya.

Meskipun peristiwa itu tidak pernah terjadi, dia bukan satu-satunya yang merasa seperti itu. Akibatnya, konsep efek Mandela “lahir.”

Kenangan palsu kolektif

Cara lain untuk menggambarkan efek Mandela adalah “kenangan palsu kolektif.” Sekelompok besar orang secara kolektif selalu mengatakan perkataan atau ingatan tertentu dengan cara tertentu ketika, pada kenyataannya, kebenaran berbeda dari ingatan.

Ahli teori konspirasi percaya bahwa efek Mandela adalah contoh alam semesta alternatif yang ada di masyarakat. Namun, dokter memiliki penjelasan yang jauh berbeda tentang ingatan, dan bagaimana beberapa ingatan, meskipun jelas, bisa salah.

Kenangan palsu

Aspek lain dari memori dapat menyebabkan efek Mandela. Ini termasuk ingatan palsu, di mana ingatan Anda tentang suatu peristiwa bukanlah penggambaran yang akurat.

Ini sering merupakan perjuangan untuk saksi mata kejahatan atau acara budaya penting. Selain itu, kemampuan orang-orang di internet untuk mengubah gambar, logo, dan ucapan dapat memengaruhi ingatan Anda akan item aslinya.

Contoh efek Mandela

Ada banyak situs yang didedikasikan untuk orang-orang yang mencatat contohnya. Seringkali, orang terganggu untuk mengetahui bagaimana mereka, dan banyak orang lain, mengingat suatu peristiwa tidak persis seperti yang mereka ingat. Berikut beberapa contohnya:

Ekor Pikachu


Meskipun banyak dari kita dengan jelas mengingat detail hitam pada ekor karakter Pokemon, tetapi kenyataannya, itu hanya kuning.

Logo Jif vs. Jiffy

Jif adalah merek selai kacang yang populer, tetapi banyak orang mengingat label merek tersebut sedikit berbeda — khususnya sebagai Jiffy.

Logo Looney Tunes vs. Looney Toons

Banyak orang mengira logo kartun Warner Brothers dieja “Looney Toons.” Sebenarnya, ini adalah “Looney Tunes.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.