Bermimpi Hal Aneh? 9 Fakta Menarik Tentang Mimpi

oleh -73 views
bermimpi

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kita menghabiskan kira-kira sepertiga dari hidup kita untuk tidur dan selama waktu itu, kita bermimpi. Dan mimpi-mimpi itu bisa sangat menarik, menggairahkan, menakutkan, atau sekadar aneh. Berikut adalah 9 hal yang harus Kamu ketahui tentang mimpi. (herdi)

1.      Semua orang bermimpi

Otak aktif sepanjang malam, dengan aktivitas otak yang sangat intens di otak depan dan otak tengah selama tidur gerakan mata cepat, yaitu saat kita bermimpi. Selama masa hidup yang khas, orang menghabiskan rata-rata enam tahun untuk bermimpi.

2.      Kebanyakan Mimpi Terlupakan

Pemindaian otak pada individu yang sedang tidur telah menunjukkan bahwa lobus frontal—area yang memainkan peran kunci dalam pembentukan memori—tidak aktif selama tidur REM, tahap di mana mimpi terjadi.

3.      Tidak Semua Mimpi Berwarna

Orang yang berusia di bawah 25 tahun jarang melaporkan mimpi hitam putih. Orang-orang di atas usia 55, bagaimanapun, melaporkan mimpi hitam dan putih sekitar 25% dari waktu.

Para peneliti percaya bahwa perbedaan ini adalah hasil dari paparan masa kanak-kanak terhadap televisi hitam putih.

4.      Mimpi Pria dan Wanita Berbeda

Para peneliti telah menemukan beberapa perbedaan antara pria dan wanita dalam hal isi mimpi mereka. Dalam beberapa penelitian, pria melaporkan memimpikan senjata secara signifikan lebih sering daripada wanita, sementara wanita lebih sering bermimpi tentang referensi pakaian daripada pria.

5.      Hewan Mungkin Bermimpi

Namun, hewan mungkin tidak mengalami mimpi dengan cara yang sama seperti manusia. Dengan kata lain, mereka mungkin tidak bangun, mengingat gambar, dan menempelkan alur cerita padanya.

6.      Mimpi Negatif Lebih Umum

Selama lebih dari 40 tahun, peneliti Calvin S. Hall, PhD, mengumpulkan lebih dari 50.000 akun mimpi dari mahasiswa. Laporan-laporan ini dibuat tersedia untuk umum selama tahun 1990-an oleh mahasiswa Hall William Domhoff.

Emosi yang paling umum dialami dalam mimpi adalah kecemasan, dan emosi negatif, secara umum, jauh lebih umum daripada yang positif.

7.      Orang Buta Dapat Bermimpi Secara Visual

Dalam sebuah penelitian terhadap orang-orang yang buta sejak lahir, para peneliti menemukan bahwa mereka tampaknya masih mengalami gambaran visual dalam mimpi mereka, dan mereka juga memiliki gerakan mata yang berkorelasi dengan ingatan mimpi visual.

8.      Beberapa Mimpi Itu Universal

Sementara mimpi sering sangat di pengaruhi oleh pengalaman pribadi kita, para peneliti telah menemukan bahwa tema mimpi tertentu sangat umum di berbagai budaya.

Misalnya, orang-orang dari seluruh dunia sering bermimpi di kejar, di serang, atau jatuh. Pengalaman mimpi umum lainnya termasuk merasa beku dan tidak bisa bergerak, datang terlambat, terbang, dan telanjang di depan umum.

9.      Kamu Lumpuh Saat Bermimpi

Tidur REM di tandai dengan kelumpuhan otot-otot sukarela. Fenomena ini di kenal sebagai REM atonia dan mencegah Anda dari mewujudkan mimpi Anda saat Anda sedang tidur. Pada dasarnya, karena neuron motorik tidak di rangsang, tubuh Anda tidak bergerak.

Dalam beberapa kasus, kelumpuhan ini bahkan dapat terbawa ke keadaan terjaga selama 10 menit, suatu kondisi yang di kenal sebagai sleep paralysis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.