Bystander Effect! Kenapa Chat di Grup Tidak Dibalas?

oleh -138 views
bystander effect

ZETIZEN RADAR CIREBON – Jika Anda menyaksikan keadaan darurat terjadi tepat di depan mata Anda, Anda pasti akan mengambil tindakan untuk membantu orang yang bermasalah, bukan? Sementara kita semua mungkin ingin percaya bahwa ini benar, psikolog menyarankan bahwa apakah Anda campur tangan atau tidak tergantung pada jumlah saksi lain yang hadir. berikut uraian tentang Bystander Effect! (herdi)

Bystander Effect

Bystander effect mengacu pada fenomena di saat seseorang memilih hanya menjadi pengamat terhadap kesulitan orang lain. Hal ini di sebabkan karena adanya difusi tanggung jawab serta pengaruh sosial.

Difusi tanggung jawab adalah semakin banyak jumlah orang yang hadir, maka semakin sedikit rasa tanggung jawab yang di miliki masing-masing orang.

Contoh kasus Bystander Effect

Contohnya, pada kasus chatt di grup yang tidak dibalas, pembaca chat merasa tidak memiliki kewajiban membalas karena masih ada orang lain yang bisa membantu.

Hal tersebut dapat berpengaruh dalam kehidupan sosialnya, dalam situasi ambigu atau penuh kebingungan, kita cenderung melakukan perilaku yang orang lain juga lakukan.

Contohnya, dalam kasus bullying di kelas, siswa lain tidak tahu apa yang harus di lakukan karena mereka ketakutan dan sekaligus ingin membantu korban. Ketika melihat orang lain hanya diam dan tidak membantu, maka ia pun akan cenderung tidak membantu karena berpikir bahwa diam adalah perilaku yang tepat untuk di lakukan pada situasi tersebut.

Apa Penyebabnya?

Ada dua faktor utama yang berkontribusi pada bystander effect. Pertama, kehadiran orang lain menciptakan difusi tanggung jawab. Karena ada pengamat lain, individu tidak merasakan banyak tekanan untuk mengambil tindakan. Tanggung jawab untuk bertindak di anggap dibagi di antara semua yang hadir.

Alasan kedua adalah kebutuhan untuk berperilaku dengan cara yang benar dan dapat di terima secara sosial. Ketika pengamat lain gagal bereaksi, individu sering menganggap ini sebagai sinyal bahwa respons tidak di perlukan atau tidak sesuai.

Mencegah Bystander effect

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bystander effect? Beberapa psikolog menyarankan bahwa menyadari kecenderungan ini mungkin merupakan cara terbaik untuk memutus siklus. Saat menghadapi situasi yang membutuhkan tindakan, pahami bagaimana bystander effect mungkin menahan Anda dan secara sadar mengambil langkah untuk mengatasinya. Namun, ini tidak berarti Anda harus menempatkan diri Anda dalam bahaya.

Tetapi bagaimana jika Anda adalah orang yang membutuhkan bantuan? Bagaimana Anda bisa menginspirasi orang untuk membantu? Salah satu taktik yang sering direkomendasikan adalah memilih satu orang dari kerumunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.