Cara Kerja Big Data Analytics

oleh -100 views
Source: smartdatacollective

ZETIZEN RADAR CIREBON- Tidak ada satu aplikasi khusus yang bisa membuat big data terkumpul secara sendirinya. Hal ini dilakukan dengan beberapa cara serta gabungan dari beberapa aplikasi atau software untuk bisa mengumpulkan semuanya. (IND) Jadi, bagaimana cara kerja dari big data analytics?

1. Machine learning

Untuk mengumpulkan data, mesin yang berbasis AI di gunakan sebagai mesin pencarian. Mesin ini dengan cepat mencari serta mempelajari data yang akan diambil.

Secara otomatis mesin akan menghasilkan model lain yang bisa menganilisis data lebih besar, kompleks, akurat, serta penyampaian yang lebih cepat lagi.

2. Data management

Sebelum memberikan data ke dalam perusahaan, kita harus mengkaji ulang data dan memastikannya kepada instansi terkait.

Hal ini perlu agar data yang terpakai merupakan data yang berkualitas tinggi dan bukan merupakan data palsu yang di buat-buat.

3. Cara kerja big data analytics dengan Data mining

Teknologi data mining berfungsi agar para data analyst memeriksa data berskala besar untuk menemukan pola-pola di dalam sebuah data. Hasil dari analisis ini dapat di gunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan rumit perusahaan.

Dengan adanya teknologi data mining, para analyst dapat masuk ke dalam berbagai data, menandai hal-hal penting, serta membuat data menjadi salah satu solusi untuk mempengaruhi pengambilan keputusan.

Baca Juga: Teknologi Terhadap Dunia Kesehatan! Baik Atau Buruk

4. Hadoop

Merupakan nama salah satu teknologi yang di gunakan untuk menyimpan data dalam jumlah yang sangat besar. Hadoop sendiri merupakan open-source-software yang dapat digunakan untuk menyampaikan data secara cepat.

5. In-memory analytics

Dengan menganalisis data menggunakan teknologi memori dalam sistem, para data analyst bisa mendapatkan insight sebuah data secara cepat.

Teknologi ini dapat menganalisis secara cepat, membuat algoritma baru, menciptakan model baru serta menghapus analisa yang keliru.

Teknologi ini bukan hanya dapat mempengaruhi pengambilan keputusan sebuah perusahaan, tetapijuga menciptakan berbagai skenario sebagai bahan pembelajaran.

6. Cara kerja big data analytics dengan Predictive analytics

Teknologi prediksi ini menggunakan data, alogritma statistik, teknik machine-learning untuk mengidentifikasi outcomes berdasarkan riwayat data yang pernah di gunakan.

Predictive analytics akan menghasilkan prediksi-prediksi yang akan terjadi di masa depan, sehingga para perusahaan akan lebih percaya diri dengan keputusan apa yang akan mereka ambil nantinya.

7.  Cara kerja big data analytics dengan Text mining

Dengan teknologi ini, data analyst dapat menganalisa dari tulisan yang berada di web, kolom komentar, buku, dan bagian web lainnya yang berbasis teks.

Biasanya text mining akan terpasang dalam blog, Twitter, survey, bahkan email untuk menemukan topik terhangat yang dapat menciptakan relasi perusahaan kepada (calon) pelanggannya.

Seperti itulah sistem data analytics bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *