Cara Menjaga Knitwear Agar Tetap Baik

oleh -27 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pakaian rajut atau biasa orang kenal dengan knitwear sedang sangat in saat ini. Berbagai cloting brand mengeluarkan seri pakaian rajut mereka. (Nd)

Memakai pakaian rajut tidak hanya trendi tetapi juga memang sangat cocok kamu pakai di musim penghujan seperti saat ini. Bahan rajut yang cenderung tebal dan fluffy sangat nyaman kamu gunakan di saat cuaca dingin. Bahan rajut banyak berbahan dasar dari wol atau katun. Ada juga yang dari benang polyester, nilon, kasmir, rayon, dan campuran.

Salah satu masalah pada baju rajut adalah bentuknya yang mudah berubah atau melar. Selain itu, benangnya mudah keluar sekalipun kamu tidak sengaja melakukannya seperti tersangkut. Oleh sebab itu, kamu perlu cara khusus untuk merawat bahan rajut ini.

Selalu baca instruksi perawatan pada label pakaian

Hal sederhana yang sering kita lupakan adalah untuk membaca dan mengikuti petunjuk penggunaan. Petunjuk dasar yang sering ada pada label pakaian:

Dry Clean Only: Cuci pada laundry profesional supaya tidak salah langkah dan merusak baju.

Hand Wash Only: Selalu cuci secara manual, menggunakan air bersih dan hangat. Rendam selama 10 menit pada air hangat dan deterjen lembut, lalu bilas dengan air panas dan akhiri dengan air dingin. Keringkan dengan cara letakkan pada tempat yang datar.

Machine Washable: Dapat menggunakan mesin cuci. Pilih setting pencucian “wool” atau “putaran rendah”, dan gunakan air dingin.

Cuci Knitwear dengan dibalik

Dengan cara ini, diharapkan dapat melindungi bagian luar baju dari gesekkan dan resiko robek karena bahan lain. Selain itu melindungi warnanya supaya tidak cepat luntur dan kusam.

Baca Juga: Ketahui Kepribadian Lewat Tas Favorit (Part 2)

Tidak perlu menggunakan pelembut pakaian (softener)

Softener dapat menyebabkan serat-serat pakaian rajut menggumpal. Pasalnya, softener membuat sela-sela serat menjadi licin dan membuat serat mudah bergerak. Boleh menggunakannya namun jumlah yang sedikit saja.

Tidak perlu setrika

Umumnya, pakaian rajut tidak perlu kamu setrika. Karena ketika kamu pakai tidak akan tampak apakah baju rajut tersebut kusut atau . Jika masih ingin disetrika, gunakan pengaturan panas yang sedang atau memakai setrika uap. Untuk memastikannya, bacalah petunjuk yang ada pada label baju. Untuk menghindari kerutan, kamu bisa menjemurnya di tempat yang datar.

Simpan dengan dilipat

Sebaiknya pakaian rajutmu jangan digantung sebab dapat membuat serat memanjang (melar) dan mengubah bentuk pakaian.

Sumber: Beautynesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.