Crab Mentality! Aku Tidak Bisa, Kamu juga Harus Begitu

oleh -325 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – The crabs in the Barrel Syndrome (CBS) atau crab mentality adalah perilaku ketika seseorang mengalami kegagalan dan tidak ingin orang lain sukses sekaligus menghalangi mereka yang berusaha untuk sukses. (herdi)

Nama fenomena ini berasal dari sebuah cerita tentang kepiting dalam ember, yang gagal melarikan diri karena mereka terus menarik kepiting yang berhasil mencapai puncak. Crab mentality dapat sangat memengaruhi pikiran, pernyataan, dan tindakan orang dalam berbagai situasi, jadi penting untuk memahaminya.

Motivasi?

  • Iri Hati. Keinginan untuk memastikan orang lain tidak melakukan lebih baik daripada diri sendiri
  • Kompetitif. Upaya untuk mencoba lebih baik atau merebut posisi orang lain.
  • Beban. Kegagalan tanggung jawab menjadi beban kemudian erupaya mengambil bagian dari kesuksesan orang lain dan dengan demikian mengurangi bebannya.

Beberapa contoh

  • Dalam hal keuangan Kamu, jika Kamu berhasil mulai melunasi hutangmu setelah serangkaian panjang keputusan keuangan yang buruk, orang-orang di keluargamu yang tidak membuat kemajuan yang sama mungkin menertawakan pencapaian Kamu.
  • Ketika sampai pada situasi sosial Kamu, jika Kamu mulai terlibat dalam hobi baru yang membantumu bersosialisasi dengan orang baru, teman lama mungkin mengejek hobi tersebut dan mencegahmu untuk terlibat di dalamnya.

Bahaya crab mentality

Crab mentality dikaitkan dengan berbagai macam masalah, baik ketika menyangkut orang-orang yang memilikinya maupun ketika menyangkut orang-orang yang menjadi sasarannya. Terutama:

  • Dapat merusak kinerja orang yang menjadi sasarannya, dan juga dapat melukai mereka dengan cara lain, seperti membuat mereka merasa terisolasi.
  • Bisa menghambat kemampuan individu dalam kelompok untuk bekerja sama, dan menghambat kemampuan kelompok yang berbeda untuk berkolaborasi satu sama lain.
  • Dapat membuat lingkungan kelompok umum jauh lebih tidak menyenangkan.
  • Bisa menyebabkan orang yang memilikinya membuang waktu untuk melakukan hal-hal yang tidak menguntungkan mereka.
  • Dapat menyebabkan orang bertindak dengan cara yang tidak diinginkan secara sosial, dan akibatnya mendorong orang lain menjauh.

Tips untuk Menghindari Crab Mentality

Berikut adalah beberapa tips untuk kamu terhindari dari crab mentality.

  1. Tetap bersemangat dan konsisten dalam melakukan pilihan. Pertimbangkan semua nasihat yang diterima jangan terus menerus mengubah arah pilihan.
  2. Kembangkan nilai diri sendiri, mempelajari keterampilan baru sehingga bisa berada di atas rata-rata, tidak rentan di tarik ke bawah.
  3. Evaluasi kegagalan yang di alami, bukannya hanya merenung dan membarkan orang lain mempengaruhi secara negatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.