Erotomania! Berkhayal Seseorang Suka dengan Kita

oleh -46 views
erotomania

ZETIZEN RADAR CIREBON – Erotomania adalah bentuk gangguan delusi yang langka, juga di kenal sebagai sindrom De Clérambault. Ini mengkategorikan subtipe lain dari gangguan delusi, termasuk kecemburuan, kebesaran dan penganiayaan.  (herdi)

Individu yang terpengaruh percaya bahwa kepribadian mereka tidak memiliki hubungan sebelumnya jatuh cinta dengan mereka. Ini paling sering seseorang yang ada di mata publik dan memiliki status sosial yang lebih tinggi. Bisa jadi selebriti, politisi, atau orang kaya.

Kerinduan untuk menjalin hubungan ini di anggap delusi karena tidak memiliki dasar dalam kenyataan. Karena sering tidak ada kontak antara ‘Erotomaniac’ dan minat cinta mereka, itu di anggap sebagai cara kerja fantasi.

Ini adalah kegilaan, karena tidak ada landasan nyata dalam cinta. Tetapi bagi orang yang menderita delusi ini, perasaan mereka sangat nyata. Mereka terkadang percaya bahwa mereka diberi pesan rahasia melalui telepati dan cara lain.

Apa Penyebab Erotomania?

Penyebab Erotomania tidak begitu jelas, meskipun jelas merupakan kondisi tidak langsung seperti banyak masalah kesehatan mental. Namun, apa yang dapat di katakan adalah paling sering muncul sebagai akibat langsung dari faktor lingkungan, kondisi mental saat ini, dan kepribadian dasar dari orang yang terpengaruh.

Temuan lain yang terdokumentasi dengan baik adalah bahwa Erotomania bukanlah kondisi statis. Ini dapat muncul dengan sendirinya sebagai kasus gangguan delusi individu.

tetapi juga telah terbukti hadir sebagai gejala kondisi yang lebih serius seperti skizofrenia, gangguan depresi mayor, gangguan bipolar dan bahkan Alzheimer dalam beberapa kasus.

Beberapa psikolog terkemuka juga menyatakan bahwa platform media sosial seperti Twitter, Instagram, dan YouTube telah di ketahui memperburuk dan bahkan mungkin memicu kondisi tersebut. Karena situs-situs ini berusaha meruntuhkan penghalang antara orang-orang yang terputus, itu memberikan rasa kekerabatan yang salah.

Gejala Erotomania

Berikut adalah kemungkinan dari beberapa gejala paling umum yang dapat Anda lihat padanya:

  • Konsumsi media yang obsesif yang berkaitan dengan orang yang membuat mereka tergila-gila.
  • Mengirim surat, email, dan hadiah yang tidak di minta kepada orang lain.
  • Mencoba menjalin kontak melalui telepon.
  • Percaya bahwa minat cinta mereka mencoba untuk berkomunikasi secara diam-diam dengan mereka.
  • Menampilkan perasaan cemburu bahwa orang tersebut mungkin “tidak setia” kepada mereka.
  • Melecehkan minat cinta mereka di depan umum.

Perawatan

Seperti banyak gangguan delusi lainnya seperti narsisme, pengobatan bisa sangat sulit untuk dimulai karena keyakinan penuh bahwa apa yang mereka katakan adalah benar. Intervensi terapeutik harus selalu menjadi urusan kooperatif. Itu tidak bisa di paksakan pada seseorang.

Obat anti-psikotik klasik seperti pimozide telah berhasil di gunakan, sedangkan anti-psikotik non-tradisional seperti olanzapine, risperidone, dan clozapine telah digunakan bersama dengan terapi berbasis bicara.

Namun, jika erotomania adalah gejala dari kondisi yang mendasarinya seperti bipolar, rencana perawatan untuk kondisi ini akan lebih di sukai daripada membuat rencana khusus untuk erotomania itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.