Fixed Mindset dan Growth Mindset! 5 Perbedaannya

oleh -73 views
fixed mindset

ZETIZEN RADAR CIREBON – Growth mindset atau fixed mindset, dapatkah cara kita berpikir tentang diri sendiri dan kemampuan kita membentuk hidup kita? Sangat. Cara kita berpikir tentang kecerdasan dan bakat kita tidak hanya memengaruhi perasaan kita, tetapi juga dapat memengaruhi apa yang kita capai. (herdi)

Baca Juga: Mindset Bahagia Tahan Banting, Bagaimana Caranya?

Growth mindset berarti Anda percaya bahwa kecerdasan dan bakat Anda dapat dikembangkan dari waktu ke waktu. Fixed mindset berarti Anda percaya bahwa kecerdasan itu tetap. Jadi jika Anda tidak pandai dalam sesuatu, Anda mungkin percaya bahwa Anda tidak akan pernah pandai dalam hal itu.

dan berikut adalah 5 perbedaan yang di milliki fixed dan growth mindset.

1. Orang dengan growth mindset fokus pada usaha

Ini penting karena mendorong kita untuk tampil, berani dan mencoba hal baru. Semakin kita mendorong diri kita sendiri, dan orang lain, untuk muncul sepenuhnya, semakin kita sepenuhnya terlibat dalam kehidupan dan semakin banyak yang kita capai.

Jika Anda memuji orang lain atas kemenangan mereka tetapi tidak pernah berpikir dua kali untuk mendorong mereka untuk membuat kemajuan, Anda bisa membanggakan mindset ini dalam tim Anda. Cobalah menyoroti pembelajaran rekan kerja Anda atau menghargai kesediaan mereka untuk mencoba strategi yang berbeda sebagai gantinya.

2. Orang dengan fixed mindset suka di puji karena kecerdasan atau bakatnya

Sebagai seorang siswa, apakah Anda bangga dengan kemampuan Anda untuk mendapatkan nilai bagus tanpa belajar? Ini adalah tanda dari memiliki fixed mindset.

Sebagai masyarakat, kita cenderung memuji orang lain atas kemampuan ‘alami’ mereka, namun ini hanya membanggakan orang dengan mindset ini. Orang-orang dengan growth mindset bangga akan kemampuan mereka untuk belajar dan tumbuh, menjadi berani dan banyak akal.

3. Orang dengan fixed mindset tidak menghadapi kegagalan dengan baik

Orang-orang dengan growth mindset mewujudkan pepatah populer “lebih baik mencoba dan gagal daripada tidak pernah mencoba sama sekali,”. Tetapi mereka yang memiliki mindset ini sangat takut akan kegagalan sehingga mereka lebih suka bermain aman.

Masuk akal, Jika Anda percaya bahwa keterampilan dan kemampuan Anda tetap, kegagalan adalah skenario bencana karena itu berarti Anda tidak cukup baik. Sebaliknya, jika Anda menganggap kegagalan sebagai bagian dari proses tumbuh dan sukses, Anda akan melihatnya sebagai kesempatan belajar alih-alih merasa malu karenanya.

4. Orang dengan growth mindset suka mencoba hal baru

Antusiasme Anda terhadap tantangan baru adalah tolok ukur pola pikir Anda. Seseorang dengan growth mindset ingin mengambil tantangan baru. Seseorang dengan fixed mindset ingin melakukan hal-hal yang sudah mereka kuasai.

Dalam hal pengembangan karir, keluar dari zona nyaman Anda sangat penting untuk mengakses peluang baru. Jika pikiran untuk mencoba tugas yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya atau memperluas tanggung jawab membuat Anda mual. Maka pikirkan area kehidupan Anda di mana kemunduran tampak tidak terlalu menakutkan.

5. Orang dengan fixed mindset cenderung super berorientasi pada hasil

Seseorang dengan mindset ini terburu-buru menuju tujuan mereka karena mereka membutuhkan validasi eksternal bahwa mereka pintar dan berbakat. Ini sangat merusak karena hanya perjalanan yang kita miliki. Dan tidak ada jumlah pujian yang pernah memuaskan seseorang dalam fixed mindset

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.