Hal-Hal Menarik yang Terjadi Dalam Tubuh Saat Tidur

oleh -55 views
saat tidur

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ada banyak hal yang tidak kita ketahui tentang tidur. Pertanyaan-pertanyaan seperti mengapa kita memiliki siklus tidur, mengapa kita bermimpi dan mengapa manusia bahkan membutuhkan tidur? Mungkin di bawah ini ada dari pertanyaan-pertanyaan yang terbayang-bayang apa yang terjadi saat tidur. (herdi)

Tapi yang pasti ketika kita tidur, dan tidur nyenyak, kita merasa lebih baik secara fisik dan mental, dan tampil lebih baik di siang hari. berikut beberapa hal yang kita ketahui tentang tidur dan mengapa itu sangat penting bagi tubuh dan pikiran kita.

1. Otak Anda memilah dan memproses informasi hari ini

Jangan tertipu dengan berpikir bahwa ketika Anda tidur, otak Anda juga mati. Otak Anda sebenarnya cukup sibuk saat tidur, menyortir dan menyimpan informasi dari hari itu. Proses ini sangat penting untuk menciptakan ingatan jangka panjang, karena otak Anda menggabungkan semua informasi yang diambilnya sepanjang hari dan menyimpannya untuk digunakan nanti.

2. Hormon membanjiri tubuh Anda

Ada sejumlah hormon berbeda yang di lepaskan saat tidur, semuanya dengan tujuan berbeda. Melatonin, yang di lepaskan oleh kelenjar pineal, mengontrol pola tidur Anda. Saat tidur, kelenjar pituitari Anda melepaskan hormon pertumbuhan, yang membantu tubuh Anda untuk tumbuh dan memperbaiki diri nya sendiri.

3. Sistem saraf simpatik Anda menjadi dingin

Selama tidur, sistem saraf simpatik Anda yang mengontrol respons melawan atau lari Anda mendapat kesempatan untuk rileks. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika kita kurang tidur, aktivitas sistem saraf simpatik meningkat, yang juga di cerminkan oleh peningkatan tekanan darah.

4. Tingkat kortisol lebih rendah

Tingkat kortisol, sering di sebut hormon stres, menurun selama beberapa jam pertama tidur sebelum naik ke puncak segera setelah Anda bangun. Ini membantu membuat Anda merasa bersemangat ketika bangun dan mengaktifkan nafsu makan Anda.

5. Otot Anda lumpuh

Saat tidur, Anda melewati periode non-rapid eye movement sleep (NREM) dan rapid eye movement sleep (REM). Selama tidur REM, kita memiliki mimpi yang paling jelas.

Selama tahap ini, otot Anda lumpuh sementara, artinya Anda tidak bisa bergerak. Beberapa ilmuwan berpikir ini mungkin agar Anda tidak mewujudkan impian Anda secara fisik.

6. Hormon Anti-Diuretik (ADH) membantu Anda tidak perlu buang air kecil

Pernah bertanya-tanya mengapa saat tidur selama delapan jam tanpa pergi ke toilet? Itu karena hormone anti-diuretik yang hilang oleh otak di bawah ritme sirkadian yang mematikan kebutuhan untuk buang air kecil begitu sering dalam semalam.

7. Sistem kekebalan Anda melepaskan sitokin yang melawan peradangan

Saat tidur, sistem kekebalan Anda melepaskan sejenis protein kecil yang di sebut sitokin. Jika Anda sakit atau terluka, sitokin ini membantu tubuh Anda melawan peradangan, infeksi, dan trauma. Tanpa tidur yang cukup, sistem kekebalan Anda mungkin tidak dapat berfungsi dengan baik.

Tubuh Anda melakukan banyak pekerjaan penting saat tidur. Tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.