Hati-Hati ada Aplikasi Berkedok “Squid Game” yang Berisikan Malware

oleh -44 views
Squid Malware

ZETIZEN RADAR CIREBON – Serial drama korea Squid Game, memang sempat menyita perhatian seluruh dunia beberapa waktu silam. Melihat popularitas dari film ini, beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan ketenarannya untuk mencari keuntungan. Seolah sambut halloween, aplikasi Squid Game yang berisikan malware kini mulai bertebaran. (mrg)

Berdasarkan TechRepublic, perusahaan cybersecurity Kaspersky menyatakan bahwa pada bulan September dan Oktober 2021, ditemukan banyaknya malware yang ditemukan. Namun, berbeda dari malware yang umumnya mereka temukan, semua virus tersebut seakan memanfaatkan ketenaran dari Squid Game dengan mengatasnamakan namanya.

File perusak yang bila diunduh oleh penggunanya tersebut, merupakan sebuah trojan downloaders yang mampu menginstal beberapa rangkaian aplikasi mencurigakan lainnya. Sedikit berbeda dibanding dengan apa yang sebelumnya dilakukan oleh UltimaSMS, hal ini menunjukkan betapa kreatifnya pihak tidak bertanggung jawab tersebut.

Baca juga : Facebook Berubah Nama Menjadi “Meta”

Yang mengejutkan adalah hal ini ternyata tidak hanya terjadi pada serial drama korea Squid Game saja. Di antaranya adalah Marvel’s Black Widow, dan bahkan album terbaru Kanye West, Donda pun terdampak pada hal serupa. Rentetan kejadian tersebut memang seolah manfaatkan tren atau hype yang sekiranya akan digemari mayoritas umat manusia.

Tidak heran bila Squid Game pun akan terkena getah dari oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut. Mulai dari situs palsu yang mencuri data pengguna, sampai film bajakan yang ternyata disusupi oleh malware. Bahkan, beberapa situs ‘autentik’ tersebut menawarkan hadiah 100 BNB (Binance Coin), yang bila di Rupiahkan mencapai 680 Juta.

Kaspersky dalam laporannya pun menyatakan bahwa aplikasi Squid Game ternyata beredar secara bebas di penyedia aplikasi pihak ketiga. Malware tersebut terdeteksi menyusupi aplikasi, games, buku yang sekiranya populer dan trending saat itu. Apalagi sebentar lagi adalah halloween, mengukuhkan teror malware ini jadi sebuah hal yang ‘menyeramkan’.

Sumber : Gamebrott

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.