Hearing VS Listening! Mengenal Perbedaan Diantaranya

oleh -161 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mungkin bagi kalian artinya hearing dan listening adalah sama, ya benar! Kalau di artikan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia memang memiliki arti yang sama. Namun, makna dari hearing dan listening berbeda dan cukup berbanding terbalik. (herdi)

Di sini kalian bisa mengetahui apa bedanya dan memberikan beberapa tip untuk membantu Kamu menjadi pendengar yang lebih baik dan meningkatkan hubungan Kamu.

Hearing vs Listening

Banyak orang menggunakan kedua kata tersebut secara bergantian namun, ada beberapa perbedaan penting di antara keduanya.

Menurut Kelly Workman, PsyD, seorang psikolog di Columbia University Medical Center. Hearing adalah asupan suara secara pasif, sedangkan listening adalah tindakan bekerja dengan sengaja untuk memahami suara yang Kamu dengar.

Hearing

  • Pasif
  • Tidak di sengaja
  • Tidak memerlukan usaha
  • Persepsi fisiologis suara

Listening

  • Aktif
  • Sukarela
  • Membutuhkan usaha
  • Interpretasi suara yang di sengaja

Hearing

Hearing adalah proses pasif, tidak di sengaja, dan sensorik di mana kita merasakan suara. Ini adalah respons fisiologis yang melibatkan persepsi kita tentang suara. Itu tidak membutuhkan perhatian yang terfokus.

Misalnya, jika Kamu sedang menonton televisi, Kamu masih dapat mendengar suara lalu lintas atau sirene di luar, anjing tetangga Kamu menggonggong, dan orang-orang tertawa di lorong.

Listening

Listening adalah proses aktif, sukarela, dan di sengaja yang melibatkan pemahaman kata-kata dan suara yang Kamu dengar, itu membutuhkan perhatian Kamu. Pada gilirannya, Kamu mungkin mengembangkan respons emosional terhadap apa yang Kamu dengar. Listening dengan maksud untuk memahami di sebut sebagai mendengarkan aktif.

Peran Hearing dan Listening dalam Kesehatan Mental

Baik pendengaran maupun pendengaran memainkan peran penting dalam kehidupan kita. Mendengar adalah bentuk input sensorik sedangkan mendengarkan adalah cara untuk membentuk koneksi dengan orang lain.

Kamu dapat mencari perawatan kesehatan mental jika Kamu mengalami depresi atau kesulitan penyesuaian karena kehilangan pendengaran.

Pentingnya Hearing dalam Kesehatan Mental

Pendengaran adalah indera penting yang membantu kita menavigasi dunia. Kehilangan pendengaran dapat memiliki efek mendalam pada kesehatan mental karena dapat menyebabkan kemarahan, penarikan sosial, perubahan harga diri, dan depresi.

Listening dalam Kesehatan Mental

Kita adalah makhluk sosial dan memiliki kebutuhan universal akan koneksi dan rasa memiliki. Mendengarkan adalah apa yang memungkinkan kita untuk mengembangkan rasa ingin tahu yang meningkat tentang pengalaman orang lain, meningkatkan kasih sayang dan empati, dan meningkatkan koneksi.

Kamu mungkin bisa memikirkan saat ketika Kamu tidak di dengarkan, pengalaman itu mungkin menyebabkan Kamu merasa tidak di hargai, tidak di perhatikan, dan kesepian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.