, ,

Hindari Kosmetik Bermerkuri Berikut!

oleh -72 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hindari beberapa produk kosmetik bermerkuri berikut menurut BPOM. (an)

Produk kosmetik dengan kandungan merkuri masih banyak beredar di pasaran. Sebagai pembeli sudah seharusnya kita mengetahui bahaya yang timbul dari bahan berbahaya ini.

Melansir dari Kompas, menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), merkuri (Hg) adalah salah satu jenis logam berat yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Sebab, merkuri bersifat toksik, tahan urai, dan dapat terakumulasi dalam tubuh.

Pada produk kecantikan, merkuri banyak digunakan di produk pemutih kulit karena dapat menghambat melanin. Hal tersebut tentu bisa membuat kulit menjadi putih dalam waktu singkat tetapi tidak alami.

Sejumlah bahaya pun terdapat pada kosmetik bermerkuri, antara lain berpotensi membuat lapisan kulit menipis karena sifatnya yang korosif, bisa menyebabkan ruam kulit dan perubahan warna, serta mengganggu perkembangan janin oleh ibu hamil.

Penggunaan kosmetik mengandung merkuri juga bisa menyebabkan gangguan saluran pencernaan, sistem saraf, dan sistem urologi, serta mengganggu kerja sejumlah organ tubuh.

Oleh karena itu banyak negara yang sudah melarang produk kosmetik bermerkuri terutama pada produk pencerah kulit. Tetapi sayangnya produk-produk tersebut masih beredar di pasar ilegal. Bahkan bisa masuk ke toko online karena harganya yang murah jadi menarik banyak peminat.

Berikut beberapa kosmetik bermerkuri tersebut

Mengutip Nakita.ID, BPOM melakukan pemetaan data kerawanan kejahatan produk kosmetik dengan kandungan merkuri di Indonesia. Berikut hasil produk bermerkuri yang harus diwaspadai:

  • Temulawak New Day & Night Cream Beauty Whitening Cream Night
  • Natural 99 Vitamin E
  • HN
  • SP Special UV Whitening Cream
  • Pemutih Dokter
  • Diamond Cream
  • Ling Zhi Vitamin E
  • Night Cream SJ Sin Jung
  • Tabitha Daily Cream & Nightly Cream

Menurut Kompas, sejumlah produk tersebut masih beredar bebas di pasaran tanah air.

Sebelum membeli, periksalah labelnya. Jika ada kata-kata seperti mercurous chloride, calomel, mercuric, mercurio, atau mercury tercantum pada label, maka kemungkinan merkuri ada di dalamnya dan kita perlu menghindari produk tersebut. Atau hentikan pemakaian produk tersebut.

Baca juga: Fixed Mindset dan Growth Mindset! 5 Perbedaannya

Sumber: hype.grid.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.