INFJ, Si Kepribadian Paling Langka

oleh -182 views
People vector created by stories – www.freepik.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kepribadian INFJ merupakan singkatan dari kata Introverted, Intuitive, Feeling, Judging. INFJ kerap di juluki sebagai ‘The Advocate‘ atau ‘Sang Penasihat’. Di juluki hal tersebut karena memang orang yang memiliki kepribadian INFJ umumnya suka menolong, suportif, dan sangat peka terhadap perasaan orang lain. Tercatat hanya 1-3% orang yang memiliki kepribadian ini. Oprah Winfrey, Taylor Swift, dan Martin Luther King Jr merupakan artis yang ternyata memiliki kepribadian ini.

Kenapa disebut INFJ?

Introversion artinya orang dengan kepribadian ini cenderung memiliki sifat introvert, sehingga membutuhkan waktu sendiri untuk kembali mengisi energinya. Sementara itu intuition artinya orang tersebut lebih suka memerhatikan pola dan garis besar dari suatu hal di banding detail teknisnya. Sifat intuitionnya juga membuat para INFJ senang memikirkan tentang kemungkinan, berimajinasi soal masa depan, dan berdiskusi soal teori-teori abstrak.
Karakter feeling pada karakter ini menandakan bahwa saat mengambil suatu keputusan, mereka akan lebih mempertimbangkan soal perasaan dan emosi diri nya dan orang-orang di sekitarnya di bandingkan dengan hal-hal yang logis dan tidak personal.

Terakhir, karakter judging pada INFJ menandakan cara orang tersebut berhadapan dengan dunia atau orang-orang di sekitarnya. Orang dengan kepribadian ini lebih suka dengan hal-hal yang terstruktur dan bulat saat mengambil keputusan.
Namun di balik itu semua, kepribadian ini memiliki beberapa fakta yang unik dan juga mengejutkan.

Berikut adalah fakta mengenai kepribadian INFJ:

Kepribadian INFJ suka berpikir lebih dalam

Orang dengan tipe kepribadian INFJ suka menemukan makna dan mendalami makna suatu hubungan. Mereka yang memiliki kepribadian ini lebih menyukai alasan yang lebih dalam ketika seseorang membuat keputusan atau melakukan sesuatu dan tidak puas hanya karena penampilannya.

Kepribadian Introvert yang bukan berarti penyendiri

INFJ sendiri merupakan introvert. Namun bukan berarti mereka selalu menyendiri atau hidup sendiri. Mereka dapat membangun hubungan yang kuat dengan orang di sekitarnya serta membantu orang lain. Hanya saja ketika mereka kekurangan energi, mereka suka menikmati me time untuk mengisi ulang energi mereka.

Berada pada gelombang yang berbeda

INFJ kerap di anggap asing oleh orang lain. Karena Kepribadian ini sendiri memiliki dua sisi yang berlawanan pada diri mereka, yakni tertutup dan juga berorientasi pada orang lain. Kaum INFJ sendiri sangat sulit di mengerti oleh orang-orang sekitarnya. Mereka sendiri pun tidak tahu pada kepribadian mereka sendiri. Alhasil mereka sering merasa terasingkan dan salah memahami mereka.

Emosional dan rasional dalam waktu bersamaan

Dua hal tersebut membuat kepribadian ini begitu istimewa. Dalam tes kepribadian MBTI, INFJ punya kepribadian yang hampir sama dengan INTJ. Bedanya hanya INTJ lebih menggunakan pikiran (thinking) di bandingkan dengan perasaan (feeling).

Sering bertepuk sebelah tangan

Kepribadian di kenal sebagai pendengar yang hebat. Mereka bahkan mampu menciptakan keterikatan emosi yang mendalam pada orang lain. Dalam artian INFJ juga sering bertepuk sebelah tangan karena lebih sering memberi lebih banyak di bandingkan dengan apa yang mereka terima. Contohnya seperti, selalu menjadi pendengar bagi orang lain namun mereka sulit di dengar oleh orang lain.

Sensitif pada konflik

INFJ selalu berusaha membangun hubungan yang baik dengan orang di sekitarnya, sehingga adanya perdebatan atau pertengkaran kerap membuat mereka merasa tertekan. Orang dengan kepribadian ini akan mengalami gejala seperti sulit tidur, sakit perut, hingga sakit kepala saat bertengkar dengan orang yang ia rasa dekat dengan diri nya. Namun bukan berarti orang yang memiliki kepribadian ini, harus menghindari konflik seterusnya.

Merasa dilahirkan untuk hal yang luar biasa

Para INFJ kerap memikirkan bahwa mereka ditakdirkan untuk mengubah dunia menjadi lebih baik. Namun masalahnya, banyak yang ‘tersesat’, tidak tahu bagaimana cara mengubah dunia atau mengangggap diri mereka tidak memiliki kemampuan yang sepadan untuk melakuka hal itu.

Pemimpi

Dan yang terakhir adalah pemimpi. Saat semua orang sibuk dengan membicarakan tentang selebriti atau hal-hal yang panas lainnya, INFJ lebih suka memikirkan hal-hal yang berbau perjalan waktu, arti dari kehidupan, dan juga hal-hal yang luar biasa lainnya. Tetapi pada umumnya orang-orang berkepribadian INFJ kerap tidak menceritakan hal-hal yang terlintas dalam pikiran mereka. Mereka menganggap bahwa orang lain tidak akan tertarik kepada hal-hal yang dipikirkan oleh INFJ.

INFJ adalah Kepribadian istimewa yang tidak dimiliki setiap orang, bersykurlah jika kalian memiliki sifat ini karena kepribadian seperti inilah yang banyak melahirkan orang orang besar. Untuk mengetahui apakah kalian termasuk dalam golongan kepribadian ini kalian bisa melakukan tes MBTI. Sekian dari kami terima kasih

Source : Facebook

One thought on “INFJ, Si Kepribadian Paling Langka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.