Kabarnya Intel Raptor Lake akan Lebih Hemat Daya

oleh -6 views
Intel Raptor Lake

ZETIZEN RADAR CIREBON – Belum selesai Intel memamerkan seluruh lini prosesor Generasi Ke-12 alias Alder Lake, kami mendapati sebuah informasi baru terkait Generasi Ke-13. Rocket Lake, dikatakan mendapat sebuah pendekatan baru, di mana prosesor terbarunya ini disebut bakal hemat daya dibandingkan pendahulunya. (mrg)

Sebagai penerus dari Alder Lake, Generasi Ke-13 Rocket Lake kompatibel dengan chipset Intel 600, dan masih gunakan LGA1700. Dalam roadmap yang dipampang sebelumnya oleh Intel, kubu biru klaim bahwa Raptor Lake akan gunakan hybrid technology yang benar-benar baru.

Berdasarkan cuitan dari seorang peneliti kubu biru Intel, Underfox, Rocket Lake gunakan konsep terbaru bernama Digital Linear Voltage Regulator (D-LVR). Konsep tersebut disebut mampu memberikan efisiensi daya, dan tentunya mengurangi panas berlebih seperti yang dihasilkan oleh prosesor Intel Generasi Ke-12.

Baca juga : Vivo Y15S 2021 Telah Resmi Rilis di Indonesia

Selain itu, paten tersebut pernah diajukan oleh Intel yang bernama Digital Linear Regulator Clamping Method and Apparatus pada 2020 silam. Namun, berita terkait konsep terbarunya baru muncul pada pertengahan tahun 2021 ini.

D-LVR berperan sebagai voltage clamp yang terletak sejajar dengan voltage regulator utama, yaitu seperti pada motherboard. Konsep ini tawarkan efisiensi daya dengan mengurangi CPU VID dan konsumsi daya per core pada prosesor. Intel percaya bahwa konsep ini murah untuk diimplementasikan, dan jamin tidak akan terlalu mempengaruhi harga.

Untuk membuktikan hal tersebut, Intel bahkan sodorkan beberapa gambar pada dokumen di bawah ini untuk ilustrasikan konsep tersebut.

Intel Raptor Lake Underfox
Intel D Lvr Paten

Secara teori, ada kemungkinan bahwa dengan konsep D-LVR, tegangan pada CPU dapat dikurangi sebesar 160 mV. Selain itu, perusahaan yang identik dengan warna biru ini pun memberikan estimasi terkait efisiensi daya yang berada pada kisaran 20-25%.

Sumber : Gamebrott

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.