Ketahui Konsep Diri untuk Bisa Mengenal Dirimu Sendiri

oleh -120 views
konsep diri

ZETIZEN RADAR CIREBON – Konsep diri adalah gambaran yang kita miliki tentang diri kita sendiri. Bagaimana tepatnya citra diri ini terbentuk dan berubah seiring waktu? Citra ini berkembang dalam beberapa cara tetapi terutama dipengaruhi oleh interaksi kita dengan orang-orang penting dalam hidup kita. (herdi)

Konsep diri adalah sebuah persepsi, pandangan, maupun perasaan seseorang terhadap dirinya sendiri, baik secarafisik, sosial, maupun psikologis.

Konsep diri cenderung lebih lunak ketika Anda masih muda dan masih melalui proses penemuan diri dan pembentukan identitas. Seiring bertambahnya usia dan belajar siapa Anda dan apa yang penting bagi Anda, persepsi diri ini menjadi jauh lebih rinci dan terorganisir.

Dan salah satu cara untuk membantumu memahami diri sendiri, yaitu dengan metode johari window.

Johari Window

Teori Johari Window (Jedela Johari) merupakan perangkat sederhana dan berguna dalam mengilustrasikan dan meningkatkan kesadaran diri serta pengertian bersama individu-individu yang ada dalam suatu kelompok tertentu.

Metode ini juga berfungsi dalam meningkatkan hubungan antar kelompok yang sekaligus mengilustrasikan kembali proses memberi maupun menerima feedback.

Terdapat 4 perspektif Jendela Johari yang biasa disebut dengan ‘daerah’. Masing-masing daerah mengandung informasi perasaan, motivasi, dan lain- lain yang dikenali oleh individu. Tapi dengan catatan apakah informasi tersebut di kenali ataupun tidak terdeteksi oleh si individu, dan apakah informasi tersebut juga bisa dikenali oleh kelompok lain, atau malah tidak tahu sama sekali.

  • Daerah pertama : daerah pertama di sebut open area. Area yang di ketahui diri sendiri dan orang lain.
  • Kolom kedua : Blind Area, tidak di ketahui diri sendiri tapi di ketahui orang lain.
  • Daerah Ketiga : Hidden Area, area yang di ketahui diri sendiri tapi tidak di ketahui orang lain.
  • Keempat : Uknown Area, tidak di ketahui oleh orang lain maupun diri sendiri.

Tiga Bagian Konsep Diri Rogers

Psikolog humanis Carl Rogers percaya bahwa konsep diri Anda terdiri dari tiga bagian yang berbeda:

  • Diri ideal: Orang yang Anda inginkan
  • Citra diri: Bagaimana Anda melihat diri sendiri, termasuk atribut seperti karakteristik fisik, ciri kepribadian, dan peran sosial Anda
  • Harga diri: Seberapa besar Anda menyukai, menerima, atau menghargai diri sendiri, yang dapat di pengaruhi oleh sejumlah faktor termasuk bagaimana orang lain melihat Anda, bagaimana Anda berpikir Anda di bandingkan dengan orang lain, dan peran Anda dalam masyarakat

Teori Konsep Diri Lainnya

Seperti banyak topik dalam psikologi, sejumlah ahli teori lain telah mengusulkan cara berpikir yang berbeda tentang konsep diri. Menurut teori identitas sosial psikolog sosial Henri Tajfel, konsep diri terdiri dari dua bagian kunci:

  • Identitas pribadi: Sifat dan karakteristik lain yang membuat Anda unik
  • Identitas sosial: Siapa Anda berdasarkan keanggotaan Anda dalam kelompok sosial, seperti tim olahraga, agama, partai politik, atau kelas sosial

Di sisi lain, psikolog Bruce A. Bracken percaya bahwa konsep diri bersifat multidimensi dan dapat di pecah menjadi enam sifat independen:

  • Akademik: Keberhasilan atau kegagalan Anda di sekolah
  • Mempengaruhi: Kesadaran Anda akan keadaan emosional
  • Kompetensi: Kemampuan Anda untuk memenuhi kebutuhan dasar
  • Keluarga: Seberapa baik Anda bekerja di unit keluarga Anda?
  • Fisik: Bagaimana perasaan Anda tentang penampilan, kesehatan, kondisi fisik, dan penampilan Anda secara keseluruhan
  • Sosial: Kemampuan Anda untuk berinteraksi dengan orang lain

Dari beberapa teori di atas, bisa di coba salah satunya atau mungkin ingin mencoba semuanya. Semua tergantung diri kamu sendiri, karena hasil yang akan di terima juga akan berdampak pada diri kamu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.