Ketidakpastian Mengahantuimu? Ubah Pola Pikir Kamu

oleh -4 views
Paper man cutout surrounded by Corona Virus and economic news headlines

ZETIZEN RADAR CIREBON – Perubahan tak terduga dapat membawa serta gelombang kumulatif ketidakpastian, ketakutan, dan kecemasan. Hal ini terutama berlaku pada saat perubahan dalam skala global yang jauh di luar kendali kita. (herdi)

Satu hal yang sering saya ingatkan pada diri sendiri pada saat-saat seperti itu adalah bahwa jika saya dapat tetap tenang, positif, dan fokus hanya pada apa yang ada dalam kendali saya, saya akan memegang kendali atas emosi saya—karena ketika saya mengendalikan emosi saya, saya’ m mengendalikan pola pikir saya.

Kekhawatiran kronis tidak dapat memberi Anda kendali lebih besar atas peristiwa yang tidak dapat dikendalikan; itu hanya merampas kesenangan Anda saat ini, menguras energi Anda, dan membuat Anda terjaga di malam hari. Tetapi ada cara yang lebih sehat untuk mengatasi ketidakpastian dan itu dimulai dengan menyesuaikan pola pikir Anda.

 1. Ambil tindakan atas hal-hal yang dapat Anda kendalikan

Banyak hal tentang kehidupan yang tidak pasti saat ini dan banyak hal tetap berada di luar kendali Anda. Dengan berfokus pada aspek masalah yang dapat Anda kendalikan dengan cara ini, Anda akan mengubah ketidakefektifan menjadi solusi yang efektif. Tentu saja, semua keadaan berbeda dan Anda mungkin menemukan bahwa dalam beberapa situasi yang dapat Anda kendalikan hanyalah sikap dan respons emosional Anda.

2. Tantang kebutuhan Anda akan kepastian

Sementara ketidakpastian dan perubahan adalah bagian kehidupan yang tak terhindarkan, kita sering mengadopsi perilaku untuk mencoba mengatasi ketidaknyamanan yang dapat mereka timbulkan. Selain mengkhawatirkan setiap skenario yang mungkin terjadi, Anda mungkin secara berlebihan mencari kepastian dari orang lain, menunda-nunda, dan lainnya.

Dengan menantang kebutuhan Anda akan kepastian, Anda dapat mulai melepaskan perilaku negatif, mengurangi stres dan kekhawatiran, serta membebaskan waktu dan energi untuk tujuan yang lebih praktis.

3. Belajar menerima ketidakpastian

Tidak peduli seberapa keras Anda berusaha untuk menghilangkan keraguan dan ketidakstabilan dari hidup Anda, kenyataannya Anda sudah menerima banyak ketidakpastian setiap hari.

Ketika ketakutan dan kekhawatiran irasional menguasai, mungkin sulit untuk berpikir logis dan akurat menimbang kemungkinan sesuatu yang buruk terjadi. Untuk membantu Anda menjadi lebih toleran dan menerima ketidakpastian. Langkah-langkah berikut dapat membantu:

  • Identifikasi pemicu ketidakpastian Anda. Banyak ketidakpastian cenderung dihasilkan sendiri, melalui kekhawatiran yang berlebihan atau pandangan pesimistis
  • Kenali saat Anda merasa perlu kepastian. Perhatikan ketika Anda mulai merasa cemas dan takut tentang suatu situasi, mulai khawatir tentang bagaimana jika, atau merasa situasinya jauh lebih buruk daripada yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.