Pentingnya Memahami Diri Sendiri

oleh -33 views
Heart vector created by pch.vector – www.freepik.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Memahami diri adalah salah satu hal terpenting yang harus kita pahami. Memahami diri sendiri bukan hanya sekedar mengetahui tipe kepribadian diri saja. Memahami diri sendiri itu di mana kita tahu soal kelebihan diri kita, kekurangan, kebiasaan, bahkan sampai bagaimana cara kita berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Lantas mengapa memahami diri itu begitu penting? Apa sih dampak negatif bagi kita jika kita tidak memahami point-point yang sudah di sebutkan di atas?

Dampak Kurangnya Memahami Diri sendiri

Kurangnya memahami diri sendiri dapat menyebabkan Mental illness (mental disorder), di sebut juga dengan gangguan mental atau jiwa, adalah kondisi kesehatan yang memengaruhi pemikiran, perasaan, perilaku, suasana hati, atau kombinasi di antaranya. Kondisi ini dapat terjadi sesekali atau berlangsung dalam waktu yang lama (kronis).

Nah, berikut beberapa hal yang akan terjadi jika kita kurang memahami diri sendiri, di antaranya :

  • Sering membandingkan diri sendiri.
  • Selalu berpikir bahwa kita harus mengikuti standar sosial yang ada.
  • Merasa tidak berguna setiap kali melakukan pekerjaan kita.
  • Selalu berusaha menyenangkan orang lain di atas kesenangan diri sendiri.

Mengetahui diri sendiri sangatlah penting bagi masa depan kita. Tidak jarang orang harus kehilangan kesempatan mendapatkan karir yang bagus hanya karena dia tidak tahu minat, bakat, dan potensi yang ada pada diri nya sendiri. Pada akhirnya kita salah dalam menentukan dan memilih jalan kita sehingga dapat mengganggu masa depan kita nantinya.

Nah, oleh karena itu penting bagi kita untuk memahami diri masing-masing. Dengan memahami diri sendiri kita akan lebih enjoy dalam menjalani kehidupan. Kita akan lebih menikmati hidup dan menentukan jalan mana yang akan kita pilih dengan tepat ketika kita memahami diri kita sendiri. Lalu bagaimana caranya memahami diri sendiri? berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengenal diri kamu sendiri

Jujur Pada Diri sendiri

Hampir dalam segala bidang tentang kepribadian seseorang, sifat jujur selalu menjadi faktor utama untuk seseorang berubah. Saat mengenal diri sendiri itu artinya kita menerima berbagai perspektif yang membentuk diri, baik itu dari segi kepribadian, identitas, maupun keberadaan kita saat ini. Maka penting bagi kita untuk jujur terhadap hal-hal yang bersangkutan dengan keadaan diri kita

Meminta Feedback Pada Orang Lain

Ada ungkapan yang mengatakan, ” tidak ada yang dapat memahami dirimu, sebaik dirimu sendiri” Ungkapan tadi memang benar adanya. Akan tetapi, hal itu dapat terjadi ketika kita sudah mengenal diri kita sendiri. Walaupun penilaian seseorang tentang diri kita tidak selalu benar bukan berarti penilaian mereka juga selalu salah dalam menilai kita. Oleh karena itu meminta pendapat orang lain dalam menilai kepribadian kita juga termasuk salah satu cara bagaimana kita mengenal diri kita sendiri.

Mengikuti Tes Kepribadian atau Berkonsultasi

Manusia memiliki berbagai macam karakter. Seperti halnya, ada seseorang yang memiliki banyak minat, tetapi tidak tahu atau bahkan bingung bagaimana cara mengembangkannya, begitupun sebaliknya. Sekalinya tahu, ada saja yang menjadi hambatannya, bahkan hambatan tersebut seringkali muncul dari akal dan nurani yang mana keduanya tidak memungkinkan untuk sinkron.

Maka dari itu, untuk dapat lebih mengenal dan memahami seperti apa kepribadian diri kita, salah satu dari sekian cara ialah mengikuti tes kepribadian atau bisa juga berkonsultasi ke psikolog seperti halnya melalui buku Personality Test: Kenali Dirimu Sendiri dan Orang Lain

Amati Bidang yang Dikuasai dan Kurang Dikuasai

Mengamati pekerjaan yang kita kerjakan dapat membantu kita mengenal diri sendiri.  Hal tersebut bertujuan agar kita tahu minat dan potensi diri sendiri. Perlu diingat bahwasannya jangan terlalu memaksakan kehendak untuk mampu menguasai seluruh bidang tertentu dengan tujuan agar dipuji atau ‘dilihat’ oleh orang lain. Justru hal tersebut akan mengubah diri kita seutuhnya.

Dengan memahami diri seutuhnya, kita akan lebih mencintai diri kita sendiri. Bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini walaupun di penuhi oleh ketidaksempurnaan. Terus mencari kesempurnaan hanya akan mengantarkan kita pada kekecewaan semata. Berhentilah menjadi sesuatu yang bukan diri mu terimalah bahwa keadaan yang sedang kita jalani sudah cukup baik.

Baca juga :Hustle Culture! Kerja Keras Lupa Daratan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.