Liminal Space! Dampaknya Pada Kesehatan Mental

oleh -210 views
liminal space

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mungkin Anda belum pernah mendengar ungkapan “liminal space” atau ruang liminal, Ketika menjumpai tempat yang sudah familiar dengan kita, namun entah mengapa tempat tersebut menjadi terasa asing. Dan walaupun Anda pernah ke sana, dan mungkin saja Anda tidak menyukainya. (herdi)

Liminal Space

Kata “liminal” berasal dari kata Latin “limen”, yang berarti ambang. Berada di liminal space berarti berada di tebing sesuatu yang baru tetapi belum cukup sampai di sana. Anda bisa berada di ruang liminal secara fisik, emosional, atau metaforis.

Berada di ruang liminal bisa sangat tidak nyaman bagi kebanyakan orang. Otak mendambakan homeostasis dan prediktabilitas, dan ruang liminal adalah segalanya.

Contoh Liminal Space

Fisik

Mungkin ruang liminal fisik paling mudah dipahami. Anda berada di ruang liminal fisik sepanjang waktu, tetapi biasanya Anda sering tidak menyadarinya karena Anda hanya ada di sana untuk saat-saat singkat.

Anda dapat melihat bagaimana, pada tingkat yang sangat ramah, gagasan untuk tinggal di ruang di antara itu menjadi sangat tidak nyaman.

Berikut adalah beberapa contoh lain dari liminal space fisik:

  • Bandara
  • Lorong
  • Pintu masuk
  • Kereta api

Emosional

Lebih sederhana, liminal space dapat di anggap sebagai periode transisi. Orang akan menghadapi banyak hal tersebut yang berbeda selama semua fase kehidupan. Beberapa akan lebih panjang dari yang lain dan beberapa akan lebih sulit daripada yang lain, tetapi, menurut definisi, liminalitas memiliki titik akhir.

Berikut adalah beberapa contoh ruang liminal emosional:

  • Perceraian
  • Bergerak
  • Kelulusan
  • Kehilangan

Pengaruhnya Ke Kesehatan Mental

Sebagian besar waktu, ruang liminal itu sendiri tidak berbahaya, tetapi persepsi orang tentangnya mungkin berbahaya.

Ketika liminal space dianggap sebagai bahaya, ketidakpastian, atau stresor, perasaan tersebut dapat menyebabkan apa saja, mulai dari kecemasan, depresi, hingga ide bunuh diri.

Lebih dari sekadar ketakutan akan ketidakpastian, itu menjadi ketakutan bahwa seseorang tidak akan memiliki sumber daya emosional untuk mengatasinya. Ini mengarah pada perilaku penghindaran seperti penggunaan narkoba atau melukai diri sendiri.

Cara Menoleransi Liminal Space

Setiap orang akan berurusan dengan ruang liminal pada satu titik atau lainnya. Periode-periode ini bisa jadi sulit, tetapi itu bisa menjadi peluang pertumbuhan.

Kontrol Penyerahan

Meskipun ketidakpastian berada di ruang liminal mungkin sulit untuk dihadapi, itu adalah tempat Anda sekarang. Dan bisa ada keindahan di ruang liminal.

Berlatih Perhatian

Seperti apa rasa ketidakpastian dalam tubuh Anda? Kemudian, amati napas Anda masuk dan keluar saat Anda mengingatkan diri sendiri bahwa Anda baik-baik saja saat ini.

Rangkullah Keadaan Anda Saat Ini

Beberapa prinsip Dialectical Behavioral Therapy (DBT) dapat membantu mengatasi ketidakpastian. Pertama, Anda dapat menerima di mana Anda berada dan ingin mengubahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.