,

Meditasi Islam! 5 Cara Umat Islam Berlatih Meditasi

oleh -197 views
meditasi islam

ZETIZEM RADAR CIREBON – Berbicara tentang meditasi, kita sering membayangkan seorang biksu atau guru zen duduk bersila dalam keadaan bahagia. Tapi, bagaimana dengan meditasi Islam? Padahal dalam islam, meditasi sudah menjadi hal basic dalam hidup. (herdi)

Meditasi adalah inti dari spiritualitas Islam, tetapi sayangnya tidak sering diberikan perhatian dan fokus yang layak. Meditasi islam adalah seni berserah diri. Ini tentang menjadi benar-benar diam dan tunduk pada kehendak Allah dalam keadaan pikiran yang sadar.

Mereka tahu bahwa teknik ini meningkatkan ibadah fisik mereka, termasuk salat, puasa dan dzikir.

Ketika berserah diri dalam meditasi islam, kita melepaskan ego kita dan menyadari bahwa kita tidak memegang kendali. Kami sedang berlatih “perhatian.” Di sini kita melihat berbagai cara kita dapat berlatih meditasi islam.

1. Refleksi (Taffakur)

Taffakur, artinya berpikir dengan sengaja, konstruktif, terarah dan positif. Berapa banyak waktu yang kita habiskan dalam sehari, merenungkan kebesaran Allah?

Praktek Taffakur sangat penting, karena budaya modern mendorong hiburan dan gangguan terus-menerus. Biasanya tidak ada waktu untuk merenung dan berpikir, sehingga kita berakhir dengan pikiran, ide, ketakutan, dan keyakinan yang belum terselesaikan.

Akibatnya ini dapat menyebabkan stres, kecemasan, dan kurangnya kedamaian dalam diri. Yang perlu kita lakukan adalah melepaskan diri dan membebaskan diri dari belenggu yang mengikat kita dengan dunia ini.

2. Syukur

Banyak dari kita mempraktikkan ucapan terima kasih secara lisan. Mungkin kita melihat kemiskinan parah di komunitas kita yang akan membuat kita berkata, “Saya bersyukur atas apa yang saya miliki.” Rasa syukur kita perlu di semen ke tempatnya setiap hari hingga tidak bisa hilang dari kebiasaan. Itu adalah sesuatu yang perlu kita lakukan secara sadar.

“Berbicara untuk mengingat Allah SWT itu baik, dan memikirkan nikmat Allah adalah ibadah yang paling baik.”

Umar bin Abdul Aziz

3. Pengasingan

Berkhalwat adalah sesuatu yang di lakukan Nabi Muhammad (SAW) sebelum kenabian. Dia menghabiskan hari-hari di Gua Hira mencoba memahami apa yang dia lihat di sekitarnya. Setelah kenabian, ia menetapkan I’tikaf di bulan Ramadhan sebagai sesuatu yang harus dilakukan pria dan wanita karena memiliki pahala yang besar.

4. Dzikir

Dzikir adalah salah satu praktik meditasi Islam yang paling umum. Ini dapat di praktekan dengan mengucap berulang-ulang dari kata-kata yang memuji dan memuliakan Allah. Karenanya, latihan meditasi umum ini sering dilakukan secara robotik tanpa berpikir.

Dengan berdzikir, dalam keadaan meditasi, Anda akan meningkatkan efektivitas latihan yang luar biasa ini. Tindakan menggulung manik-manik membantu kita berkonsentrasi lebih baik.     

5. Baca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an adalah salah satu bentuk meditasi islam yang paling kuat dan bermanfaat. Itu juga salah satu hal yang bisa kita praktikkan selama hari kerja.

Jika Anda mengalami hari yang sangat buruk: pisahkan diri, lakukan wudhu dan bacalah Al-Qur’an. Al-Qur’an disebut sebagai dzikir, rasa energi positif yang diperbarui datang dari membacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.