Menyanyi untuk Kesehatan Mental! Manfaat Bernyanyi

oleh -77 views
menyanyi

ZETIZEN RADAR CIREBON – Orang suka menyanyi. Apakah mereka dapat membawakan lagu atau tidak, orang-orang tampaknya memahami bahwa ada sesuatu yang positif, sesuatu yang sehat dalam tindakan meninggikan suara mereka dalam lagu. (herdi)

Baca Juga : Waktu dan Tempat Pilihan IU untuk Menulis Lirik

Faktanya, ada bukti ilmiah yang kuat untuk membuktikan bahwa bernyanyi sebenarnya baik untuk tubuh dan pikiran Anda. apalagi melakukannya dengan bersama-sama. Dan berikut adalah manfaat dari bernyanyi .

1. Meredakan Stres

Bernyanyi tampaknya menjadi pereda stres. Sebuah studi tahun 2017 mengukur jumlah kortisol, hormon stres, dalam air liur peserta sebelum dan sesudah mereka bernyanyi.

Para peneliti dalam penelitian itu menemukan bahwa jumlah kortisol lebih rendah setelah bernyanyi, sebuah indikasi bahwa orang merasa lebih santai setelah mereka menyanyikan sebuah lagu.

Mereka juga menemukan bernyanyi mengurangi tingkat stres apakah para peserta bernyanyi dalam kelompok atau sendiri.

2. Merangsang Respon Imum

Ada beberapa bukti bahwa bernyanyi dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda dan membantu Anda melawan penyakit.

Sebuah studi tahun 2004 membandingkan efek bernyanyi dengan efek hanya mendengarkan musik. Dalam dua sesi terpisah, subjek penelitian bernyanyi atau mendengarkan musik.

Mereka yang bernyanyi menunjukkan tingkat imunoglobulin A yang lebih tinggi, antibodi yang dikeluarkan tubuh Anda untuk membantu Anda menangkis infeksi.

3. Meningkatkan Ambang Rasa Sakit

Ketika Anda bernyanyi dalam kelompok, baik itu paduan suara besar atau kelompok kecil, tindakan bernyanyi bersama menyebabkan tubuh Anda melepaskan endorfin. Hormon ini dapat membantu meningkatkan perasaan positif, dan bahkan mengubah persepsi Anda tentang rasa sakit.

4. Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Bernyanyi secara teratur dapat mengubah cara Anda bernapas, bahkan saat Anda tidak sedang bernyanyi. Para peneliti dalam sebuah studi tahun 2008 mewawancarai pasangan anggota paduan suara, bersama dengan pasangan dari orang-orang yang tidak menyanyi.

Para peneliti menemukan bahwa anggota paduan suara yang mendengkur secara signifikan lebih sedikit. Hal ini membuat mereka merekomendasikan bernyanyi secara teratur sebagai pengobatan potensial untuk mendengkur saat tidur.

5. Meningkatkan Kesehatan Mental dan Suasana Hati

Sebuah studi tahun 2018 yang dilakukan di Inggris Raya mengevaluasi 20 orang dalam program menyanyi yang dikenal sebagai proyek The Sing Your Heart Out. Para peserta termasuk orang-orang dengan kondisi kesehatan mental, serta masyarakat umum.

Para peneliti menemukan bahwa para peserta melaporkan peningkatan kesehatan mental, suasana hati, rasa sejahtera, dan perasaan memiliki sebagai hasil dari lokakarya menyanyi ini.

6. Membantu Meningkatkan Kemampuan Berbicara

Beberapa dekade yang lalu, para ilmuwan mulai meneliti efek bernyanyi di antara orang-orang yang mengalami kesulitan berbicara karena kondisi neurologis.

Bernyanyi merangsang beberapa area otak secara bersamaan. Ini memungkinkan orang dengan gangguan di satu bagian otak untuk berkomunikasi menggunakan area lain di otak mereka.

Bernyanyi juga dapat memperpanjang suara di setiap kata, yang dapat membuatnya lebih mudah untuk diucapkan.

7. Mengembangkan Rasa Memiliki dan Koneksi

Saat Anda melakukannya bersama dengan orang lain, kemungkinan besar Anda akan merasakan jenis persahabatan dan ikatan yang sama seperti yang dialami para pemain di tim olahraga.

Salah satu zat kimia saraf yang dilepaskan ketika orang merasa terikat bersama adalah oksitosin, yang juga dikenal sebagai hormon cinta.

Nyanyian spontan dan improvisasi menyebabkan tubuh Anda melepaskan hormon perasaan baik ini, yang dapat membantu memberi Anda rasa keterhubungan dan inklusi yang lebih tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.