Percaya Diri itu Positif tapi Itu Juga Bisa Menjadi Negatif

oleh -69 views
percaya diri

ZETIZEN RADAR CREBON – Pernahkah Anda merasa 100% percaya diri dengan kemampuan Anda untuk menyelesaikan tugas, dan kemudian gagal total? (herdi)

Tidak ada keraguan bahwa kesuksesan melahirkan kepercayaan diri. Dan pada gilirannya, kepercayaan diri yang di peroleh dari kesuksesan memengaruhi kinerja secara positif – biasanya. Namun, baru-baru ini, bagian terakhir dari hubungan antara kepercayaan diri dan kinerja telah diragukan.

Kepercayaan diri yang tinggi dapat memiliki kekurangan. Orang mungkin hanya perlu melihat hasil pemilihan umum baru-baru ini untuk mencatat bahwasannya menyerukan pemilihan awal sebagian berdasarkan kepercayaannya untuk memenangkan mayoritas keseluruhan.

Percaya Diri dan Kinerja

Pertama, mari kita lihat kemungkinan hasil dari memiliki kepercayaan diri yang rendah (suatu bentuk keraguan diri). Percaya diri yang rendah adalah keadaan berpikir bahwa kita belum cukup siap menghadapi tugas yang akan datang. Dalam hal ini, salah satu dari dua hal terjadi: apakah kita melepaskan diri dari tugas, atau kita menginvestasikan upaya ekstra untuk mempersiapkannya. keraguan diri bisa sangat bermanfaat.

Sekarang mari kita pertimbangkan peran terlalu percaya diri. Tingkat kepercayaan diri yang tinggi biasanya membantu untuk melakukan tugas. Karena dapat membuat Anda berusaha keras untuk mencapai tujuan yang sulit. Tetapi kepercayaan diri yang tinggi juga dapat merugikan ketika hal itu menyebabkan menurunkan jumlah usaha yang Anda berikan untuk mencapai tujuan tersebut.

Ketika kepercayaan diri salah di kalibrasi (percaya bahwa Anda lebih baik dari yang sebenarnya), itu akan berdampak negatif pada kinerja tugas selanjutnya.

Terlalu percaya diri pada kemampuan kita untuk melakukan tugas tampaknya merupakan proses bawah sadar, dan sepertinya itu akan tetap ada. Untungnya, dalam jangka panjang kelebihan menjadi terlalu percaya diri (mencapai bintang) tampaknya jauh lebih besar daripada kontra. (kegagalan tugas) karena jika pada awalnya Anda tidak berhasil, Anda selalu dapat mencoba lagi.

Tetapi kepercayaan yang salah akan lebih mungkin terjadi jika informasi kinerja penting mengenai tingkat pencapaian kinerja Anda sebelumnya di abaikan atau tidak tersedia. Ketika ini terjadi, orang cenderung melebih-lebihkan daripada meremehkan kemampuan mereka.

Dalam hal lain, terlalu percaya diri dapat membuat stres dan jatuh dalam rasa putus asa kalau hasil yang di dapat tidak sesuai ekspektasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.