Personal Boundaries! Mengetahui Pentingnya Batas

oleh -61 views
personal boundaries

ZETIZEN RADAR CIREBON  – Personal boundaries sangat penting tetapi tidak selalu mudah untuk ditetapkan. Namun, dengan beberapa tips bermanfaat, menetapkan dan mengomunikasikan batasan menjadi lebih mudah. (herdi)

Penelitian telah menemukan bahwa pelanggaran ruang pribadi dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Dan pengalaman pribadi memberi tahu sebagian besar dari kita bahwa ketidaknyamanan yang di sebabkan oleh pelanggaran batas dapat menyebabkan kecemasan dan kejatuhan dalam hubungan kita, baik pribadi maupun profesional.

Apa Itu Personal Boundaries?

Personal boundaries hanyalah garis yang kita buat untuk diri kita sendiri dalam hal tingkat kenyamanan kita di sekitar orang lain.

Batas-batas ini mungkin ada hubungannya dengan:

  • kontak fisik (tidak merasa nyaman memeluk orang yang baru saja Anda temui)
  • interaksi verbal (tidak ingin teman atau anggota keluarga merendahkan Anda)
  • ruang pribadi kita sendiri (memilih untuk tidak memiliki orang lain di rumah Anda saat Anda tidak ada di sana)

Batas-batas ini biasanya jatuh ke dalam beberapa kategori tertentu yaitu emosional, fisik, seksual,tempat kerja, bahan, dan waktu.

Mengapa Menetapkan Personal Boundaries Itu Pnting?

Kita semua memiliki garis pribadi kita sendiri, batasan yang akan membuat kita merasa lebih nyaman menavigasi kehidupan dan hubungan kita. Masalahnya, tidak semua orang memiliki batasan yang sama, dan kebanyakan orang tidak mampu menebak apa batasan orang lain.

Ini terutama berlaku untuk orang yang mungkin memiliki kecerdasan emosional (EQ) yang lebih rendah. Dan seringkali, mereka adalah orang-orang yang paling diuntungkan dengan memiliki personal boundaries yang dikomunikasikan dengan jelas kepada mereka.

Menetapkan batasan hanyalah tentang mengomunikasikan kebutuhan Anda akan interaksi yang sehat kepada orang lain. Ini tidak selalu mudah. Tidak semua orang mungkin menyukai atau memahami batasan Anda atau alasan Anda menetapkannya.

Tips untuk Menetapkannya

Batas itu penting, tetapi tidak selalu mudah untuk ditetapkan. Orang sering tidak tahu harus mulai dari mana atau bagaimana mengomunikasikan kebutuhan mereka kepada orang lain.

Jika Anda mencari cara untuk menetapkan personal boundaries Anda sendiri, mungkin ada baiknya Anda mempertimbangkan terlebih dahulu jenis batasan yang Anda tetapkan.

Menetapkan batasan emosional

Batasan emosional sering kali berkaitan dengan bagaimana orang lain berbicara dan memperlakukan kita, dan itu tidak selalu menjadi hal yang kita pikirkan untuk ditetapkan sampai setelah batas telah dilewati. Ini tidak masalah.

Menetapkan batasan fisik

Katakanlah Anda tidak nyaman dengan berjabat tangan. Meskipun ini cenderung menjadi norma sosial, ada banyak alasan mengapa seseorang mungkin tidak nyaman melakukannya, terutama sejak pandemi COVID-19. Cara terbaik untuk menetapkan batas ini adalah bahkan sebelum menjadi masalah.

Menetapkan batasan material

Katakanlah Anda memiliki kemping yang ingin dipinjam teman dekat untuk perjalanan bersama keluarga. Anda terbuka untuk membiarkan mereka menggunakannya, tetapi Anda juga ingin memastikan mereka merawatnya seperti yang Anda inginkan.

Dalam hal ini, sangat dapat diterima untuk menguraikan batasan Anda untuk perawatan secara tertulis, memberikan instruksi untuk pembersihan dan perawatan umum.

Menetapkan batas waktu

Orang-orang cenderung jatuh dalam dua kategori mengenai waktu: Mereka yang terlambat dalam segala hal, dan mereka yang cenderung berpikir bahwa jika Anda tidak lebih awal, Anda akan terlambat. Jika Anda yang terakhir, Anda mungkin merasa seolah-olah batasan Anda sering dilanggar oleh yang pertama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.