Phubbing! Hal yang Tidak Disadari Merusak Hubungan

oleh -60 views
phubbing

ZETIZEN RADAR CIREBON – Disadari atau tidak, Kamu telah di-phub. Phubbing adalah perilaku sosial menghina seseorang dngan mengalihkan perhatiaannya ke ponsel atau hal lain saat sedang berinteraksi dengan orang lain. Ponsel sudah menjad bagian dari kehidupan sehari-harimu. (herdi)

Fenomena ini mungkin tampak seperti bagian dari kehidupan modern yang relatif tidak berbahaya, jika menjengkelkan, tetapi penelitian menemukan bahwa hal itu mungkin memperburuk hubungan. Berikut adalah beberapa dampaknya dalam kehidupan sosialmu.

1. Membuatmu Merasa Kurang Terhubung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa phubbing membuat interaksi tatap muka menjadi kurang bermakna.

Di terbitkan di Computers in Human Behavior pada tahun 2016, menemukan bahwa berkirim pesan teks selama percakapan membuat pembicaraan kurang memuaskan bagi orang yang memilikinya, di bandingkan dengan orang yang berinteraksi tanpa telepon.

2. Bisa Merusak Kesehatan Mental

Dalam studi terbaru tentang subjek, phubbing di temukan mengancam empat “kebutuhan mendasar” – kepemilikan, harga diri, keberadaan dan kontrol yang berarti – dengan membuat orang phubbed merasa di kucilkan dan dikucilkan.

Penelitian lain menunjukkan bahwa phubbing dapat memengaruhi hubungan. Dua studi terpisah baru-baru ini menemukan bahwa ketika pasangan saling phub, mereka lebih mungkin mengalami depresi dan kepuasan pernikahan yang lebih rendah.

3. Phubbing tidak baik untuk siapa pun

Tentu saja, orang yang di hina adalah orang yang paling terluka oleh phubbing. Tetapi phubber juga terpengaruh.

Sebuah studi menemukan, bahwa orang-orang yang menggunakan ponsel mereka saat makan dengan teman atau keluarga mengatakan mereka kurang menikmati makanan mereka dan merasa lebih terganggu daripada mereka yang tidak menggunakan teknologi di meja. Eksperimen lanjutan menemukan bahwa penggunaan telepon juga dapat membuat interaksi tatap muka di luar meja menjadi kurang menyenangkan.

Stop Phubbing

Jika Kamu seorang phubber kronis, membuat dan mengikuti aturan teknologi yang ketat, seperti meletakkan ponsel saat makan malam, dapat membantumu membentuk kebiasaan baru.

Sebaliknya. kamu yang menjadi korbannya, sabar dan penuh kasih sayang dan jangan tersinggung, karena mereka mengikuti dorongan hati.

Namun, luangkan waktu untuk menjelaskan dengan tenang bagaimana perasaanmu terhadap phubbing, terutama jika orang tersebut tidak terganggu oleh perilaku tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.