Prokrastinasi! Kebiasaan Menunda-Nunda Pekerjaan

oleh -121 views
prokrastinasi

ZETIZEN RADAR CIREBON – Prokrastinasi adalah periaku ketika seseorang menunda-nunda pekerjaan sambil mendekati atau bahkan melewati deadline. Orang dengan prokrastinasi akan mendahulukan kegiatan-kegiatan sepele dan mengesampingkan pekerjaan yang wajib dan penting. (herdi)

prokrastinasi bisa terasa menyenangkan saat ini. Itu sebabnya orang melakukannya. Tetapi ada biaya jangka panjang yang tinggi dari peningkatan suasana hati jangka pendek itu ketika kita menunda sesuatu. Ini berdampak pada keuangan kita, kesehatan fisik dan emosional kita, dan, tentu saja, produktivitas kita.

Tipe Prokrastinasi

Untuk tipenya, mereka memiliki 2 (dua) tipe procrastinator. Berikut adalah tipe-tipenya

  • Pasif. Menunda pekerjaan karena sulit melakukannya atau karena sulit mengambil keputusan tentang pekerjaan apa yang akan di lakukan terlebih dahulu.
  • Aktif. Menunda pekerjaan karena merasa mereka lebih termotivasi atau terinspirasi ketika mengerjakan suatu hal mendekati dedline.

ada beberapa alasan kenapa orang-orang menunda-nunda pekerjannya, berikut adalah alasannya.

  • Merasa bahwa waktu yang tersedia untuk mengerjakan tugasnya masih banyak, jadi tidak perlu di kerjakan segera.
  • Merasa bahwa mereka akan lebih termotivasi jika mengerjakan tugasnya pada waktu tertentu.
  • Beranggapan bahwa ketika akan melakukan sesuatu, mereka harus berada dalam keadaan dan pikiran yang benar-benar siap.
  • Menganggap bahwa pekerjaannya dapat di selesaikan hanya dalan waktu sebentar.

Kita sering menunda-nunda hal-hal yang penting bagi kita, membiarkan diri kita terjebak dalam pekerjaan sibuk yang tidak memajukan hasil signifikan kita.

Ini berarti bahwa membuat kemajuan yang berarti menuju hal-hal yang paling penting bagi kita mengharuskan kita memberikan pemikiran yang serius untuk mengakhiri prokrastinasi. Jika Kamu bersama saya dalam hal ini, teruslah membaca untuk mempelajari beberapa caramu dapat menghentikan kebiasaan menunda-nunda kamu.

Cara Mengatasinya

Beri Jadwal pada Tugas-Tugasmu

Ketika kamu merasa pekerjaanmu terlalu banyak dan kamu bingung harus mulai dari mana terlebih dahulu, catatlah tugas-tugasmu dan tuliskan kapan kamu harus menyelesaikannya.

Kerjakan Tugasmu Sedikit Demi Sedikit

Saat ingin mulai merasa ingin menunda pekerjaan, maka cobalah untuk mengerjakannya. Jika terasa sulit lakukan sedikit demi sedikit. Kalau kamu selalu berusaha melawan rasa ingin menunda pekerjaanmu akan lebih mudah bagimu untuk memanfaatkan waktu dengan maksmal.

Memberi Reward Setelah Menyelesaikan Tugas

Melawan prokrastinasi tentunya bukan hal  yang mudah. Maka kalau kamu berhasil, lalu berikanlah reward untuk dirimu. Misalnya, setelah menyelesaikan tugasmu, lalu kamu bisa melakukan kegiatan yang kamu sukai. Tentunya dengan hati yang tenang karena tugasmu telah di selesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.