Resiliensi! Beradaptasi Secara Positif terhadap Stres

oleh -93 views
resiliensi

ZETIZEN RADAR CIREBON – Resiliensi emosional sebagian bawaan sejak lahir, tetapi dapat (dan harus) dipelajari dan dikembangkan. Jika Anda ingin dapat menangani tantangan hidup (baik besar maupun kecil) dengan lebih mudah, tumbuh dari kesulitan, dan mengubah peristiwa yang berpotensi negatif menjadi positif, langkah-langkah berikut dapat membantu Anda menjadi lebih tahan terhadap stres. (herdi)

Apa Itu Resiliensi?

Sebelumnya kita masuk ke tahap-tahapnya, perlu diketahui apa itu artinya. Resiliensi dapat di definisikan sebagai keberhasilan seseorang dalam berdaptasi dengan kondisi yang tidak menyenangkan atau buruk. Untuk berhasil dalam resiliensi, di perlukan dua (2) komponen yang harus ada di dalamnya, yaitu :

  • Paparan dari situasi yang sulit dan menekan, hambatan atau ancaman yang berat dalam hidup individu.
  • Penyesuaian positif individu terhadap situasi tersebut.

Tahap-Tahap Menuju Resiliensi

Kembangkan Sikap yang Benar

Individu yang resiliensi cenderung memandang kesulitan hidup sebagai tantangan dan meresponsnya dengan tindakan, bukan dengan rasa takut, mengasihani diri sendiri, menyalahkan atau “mentalitas korban”.

Meskipun hidup bisa sangat menantang, langkah penting untuk menjadi lebih tangguh adalah mengembangkan self-talk positif dan mengingatkan diri sendiri bahwa Anda kuat dan dapat tumbuh lebih kuat dan lebih bijaksana saat Anda menangani tantangan hidup.

Sadarilah

Bagian dari hal ini adalah kesadaran emosional, penting untuk memahami apa yang Anda rasakan dan mengapa. Kadang-kadang orang merasa kewalahan dengan emosi mereka, dan ini menakutkan dan melumpuhkan mereka.

Mengetahui mengapa Anda merasa kesal dapat memberikan informasi berharga tentang apa yang perlu diubah dalam hidup Anda.

Kembangkan Locus of Control Internal

percayai bahwa mereka mengendalikan hidup mereka, dan itu benar: sementara kita tidak dapat mengendalikan keadaan kita, kita dapat mengontrol bagaimana kita menanggapi keadaan itu, dan itu membuat perbedaan besar dalam sikap kita dan dalam perjalanan kita. hidup mengambil.

Tanamkan Optimisme

Menjadi seorang optimis lebih dari sekadar melihat sisi baiknya (meskipun itu membantu). Ini adalah cara melihat dunia di mana Anda memaksimalkan kekuatan dan pencapaian Anda dan meminimalkan kelemahan dan kemunduran Anda. Mengembangkan pandangan dunia yang lebih optimis dapat membantu Anda menuju keberhasilan.

Peran Lingkungan

Dalam prosesnya, faktor lingkungan sangat berpengaruh untuk mencapai keberhasilan. Oleh karenanya, hal-hal berikut juga di perlukan untuk mencapai keberhasilan.

  • Dukungan cinta yang di dasari oleh kepercayaan dan cinta tanpa syarat.
  • Harapan yang jelas, positif, dan terpusat kepada seseorang.
  • Kesempatan untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan, memiliki tanggung jawab, dan kesempatan untuk menjadi pemimpin.

Ciri-Ciri Individu yang Memiliki Resiliensi

  • Mampu memecahkan masalah
  • Intelektual yang baik
  • Easy going dan mudah beradaptasi
  • Self image yang positif
  • Optimis
  • Humoris
  • Nilai pribadi serta budaya yang baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.