Self Healing: Tujuan dan Cara Melakukannya

oleh -77 views
Source: collaborativecbt

ZETIZEN RADAR CIREBON- Self Healing adalah sebuah proses penyembuhan karena masalah yang mengganggu mental atau luka batin. Luka batin itu sendiri bisa muncul dalam bentuk perasaan sedih mendalam, merasa gagal, cemas, yang mengarah pada kondisi depresi.

Dalam laman Psychology Today, self healing merupakan suatu bentuk upaya penyembuhan oleh diri sendiri. Bahkan sebuah penelitian menyebut jika setiap orang sebenarnya mampu menyembuhkan diri sendiri dengan persentase keberhasilan mencapai 18-75 persen. (IND)

Tujuan dari self healing tentu agar bisa memahami diri sendiri, menerima ketidak sempurnaan, serta membentuk pikiran positif tentang apa yang terjadi dalam hidup. Sebab, keyakinan itulah yang mendorong mereka pada kesembuhan. Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan kalau kamu butuh self healing:

Luangkan waktu untuk me time

Untuk melakukan self healing yang pertama Anda perlu melakukan me time. Me time atau meluangkan waktu untuk diri sendiri sangat berguna karena membuat setiap orang memikirkan dirinya sendiri terlebih dahulu. Sebab, saat seseorang terlalu sibuk memikirkan orang lain terkadang ia lupa memikirkan diri sendiri. Meluangkan waktu untuk diri sendiri akan membantu seseorang merasa lebih bermakna.

Biarkan emosi negatif mengalir

Alih-alih menghindari emosi negatif, ada baiknya bagi Anda untuk  membiarkannya mengalir sementara. Emosi negatif tersebut termasuk kesedihan, kekecewaan, kemarahan, hingga kesedihan.

Buat Sugesti Positif

Setelah membiarkan tubuh dan pikiran merasakan perasaan negatif, selanjutnya cobalah untuk memberikan sugesti positif. Sebab, cara Anda berkomunikasi pada diri sendiri juga mempengaruhi keadaan mental.

Memiliki sugesti positif yang dikatakan pada diri sendiri saat tengah merasa tertekan secara emosional dapat membantu untuk menyusun ulang pikiran Anda.

Jangan Menunggu Permintaan Maaf

Menunggu permintaan maaf dari orang yang melukai Anda akan memperlambat proses self-healing. Jika Anda merasa terluka, penting bagi Anda untuk mengatasinya sendiri, yang berarti menerima bahwa orang yang menyakiti Anda tidak akan meminta maaf.

Fokus Pada Diri Sendiri

Fokus pada diri sendiri untuk sementara waktu juga akan membuat Anda lebih mudah mengatasi luka yang dialami.  Ketika Anda memikirkan seseorang yang menyebabkan Anda sakit, bawalah diri Anda kembali ke masa kini. Kemudian, fokuslah pada sesuatu yang Anda syukuri.

Orang yang hatinya terluka sangat dalam karena suatu hal atau karena seseorang tentu tidak akan dengan mudah melupakannya. Namun, penting bagi kita untuk mencoba berdamai dengan keadaan. Menerima keadaan dan menjadikannya sebagai pelajaran kehidupan yang akan membuat kita menjadi lebih baik tentu akan bermanfaat bagi diri sendiri.

Self healing dengan Mindfullness

Mindfullness adalah cara berpikir dengan kesadaran penuh, memaknai setiap kejadian yang pernah dialami dengan lebih sehat. Mindfulness bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mencari tempat yang sekiranya tenang, kemudian memejamkan mata. Fokus terhadap diri sendiri dan segala pikiran yang kita miliki. Dengan penuh kesadaran, cobalah untuk memahami setiap pergulatan emosi yang ada di dalam diri. Lakukan cara tersebut secara rutin untuk membantu memberikan ketenangan dalam diri dan pikiran.

Tingkatkan Self-Compassion

Self-Compassion adalah kemampuan untuk memahami keadaan emosi dan juga respon emosi atas penderitaan yang dialami dengan disertai keinginan untuk menolong diri sendiri. Melalui cara ini, seseorang dapat memahami perasaanya sendiri.


Self-compassion mampu membuat orang memaknai pengalaman yang tidak nyaman dengan emosi yang berbeda. Artinya, ketidaknyamanan seseorang dapat bermakna positif jika meningkatkan self-compassion. Caranya dengan meningkatkan kepedulian terhadap diri sendiri, merespon peristiwa buruk dengan perasaan lapang dada, dan selalu berupaya membebaskan diri dari duka yang mendalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.