Silent Treatment! Mengabaikan Orang Lain Saat Marah

oleh -13 views
Source: Google

ZETIZEN RADAR CIREBON – Saya yakin Kamu semua pernah mendengar tentang Silent Treatment, ini merupakan perilaku seseorang yang mendiamkan atau mengabaikan orang lain saat ia sedang marah. Ini adalah metode hukuman dan manipulasi psikologis yang mungkin pernah kita gunakan atau alami di beberapa titik. (herdi)

Tapi tahukah Kamu betapa seriusnya konsekuensi dari silent treatment, dan bagaimana Kamu bisa menghadapinya.

Mengapa Orang Menggunakannya

Ada beberapa alasan seseorang mungkin mengabaikan Kamu:

Mereka menyalahkan Kamu atas masalah yang sebenarnya menjadi masalah mereka.

Secara pribadi, saya pikir ini adalah jalan keluar yang mudah. Seseorang mungkin menyalahkan Kamu untuk suatu masalah dan mengabaikan Kamu sehingga “masalah” itu hilang atau mereka mungkin hanya marah pada Kamu, ironisnya, itu malah memperburuk keadaan.

Mereka hanya ingin menyakitimu.

Mungkin mereka sengaja mencoba menyakiti atau menghukum Kamu, atau mereka terlalu egois untuk peduli dengan perasaan Kamu, atau mereka tidak menghormati Kamu.

Ini memberi mereka kendali atas situasi, dan kekuasaan atas Kamu mereka bahkan mungkin mencoba membalikkan keadaan sehingga mereka menjadi korban, atau menyangkal bahwa ada masalah.

Mereka pikir itu hal yang benar atau baik untuk Kamu.

Ketika seseorang mengabaikan Kamu, mereka mungkin tidak menyadari kerusakan yang ditimbulkannya atau mereka menyadarinya dan mereka pikir itu akan membuat Kamu lebih baik. Atau mungkin mereka membutuhkan ruang tetapi tidak repot-repot memberi tahu Kamu itu. Mereka bisa saja menghindari konfrontasi, dan tidak menyadari bahwa mereka telah melakukannya dengan cara yang salah.

Bagaimana Silent Treatment Menyabotase Kamu dan Hubungan Kamu

Berikut adalah 5 caranya yang lebih merusak dari yang Kamu tahu:

1. Menyebabkan trauma emosional atau stres.

Ini mungkin di berikan, tetapi ada berbagai macam emosi luar biasa yang datang dengan di abaikan.

Ketika keberadaan dan perasaan seseorang di abaikan dan tidak di hargai, mereka merasa tidak di hargai, tidak di cintai, tidak berharga, dan tidak berarti.

2. Menyebabkan stres psikologis.

Kata untuk ini adalah pengucilan. Silent treatment dapat menjadi permainan pikiran bagi sebagian orang, dan dalam beberapa kasus dapat digunakan sebagai bentuk manipulasi psikologis.

3. Ini mungkin memiliki efek samping fisik yang serius.

Ada bagian dari otak kita yang di rancang khusus untuk mendeteksi berbagai tingkat rasa sakit. Ini di sebut korteks cingulate anterior, dan aktif ketika seseorang menerima silent treatment. Gejalanya bisa berupa apa saja mulai dari sakit kepala hingga diare atau sembelit hingga sakit perut, serta insomnia, kecemasan, dan kelelahan.

4. Dapat merusak hubungan.

Seringkali masalah di sini adalah dengan komunikasi. silent treatment dapat menjadi pola, yang menghambat kemampuan berkomunikasi secara efektif.

Banyak orang tidak menyadari bahaya melakukan perawatan diam-diam, yang hanya menambah masalah. Intensitas semua perasaan dan efek samping ini tergantung pada intenstasnya, tetapi itu tidak membuatnya kurang sehat atau merusak.

Cara Menghadapi Silent Treatment

Pertama, tetap tenang. Apakah Kamu melakukan pengabaian atau di abaikan, lupakan kemarahan, lupakan ego Kamu, minta maaf saja. Lakukan percakapan seperti orang dewasa sejati. Tidak ada gunanya untuk tetap diam.

Jika Kamu yang di abaikan, lakukan yang terbaik untuk mencari tahu apa yang salah, tidak memberi mereka perlakuan yang sama kembali. Jika salah satu atau Kamu berdua membutuhkan ruang, buatlah itu. Karena, seperti yang di sebutkan, komunikasi sering menjadi masalah, cobalah untuk mendiskusikan dan memahami situasinya. Pemahaman adalah kuncinya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.