Tanda-Tanda Kamu Sudah Dewasa Secara Mental

oleh -78 views
dewasa secara mental

ZETIZEN RADAR CIREBON – Dewasa secara mental adalah tentang kemampuan Anda untuk memahami dan mengelola emosi Anda. Seseorang yang dewasa secara emosional telah mencapai tingkat pemahaman diri sehubungan dengan pemikiran dan perilaku mereka dan kemudian memutuskan cara terbaik untuk mendekati dan mengatasi situasi yang mungkin mencoba atau menantang. (herdi)

Penting untuk dipahami bahwa kedewasaan emosional selalu merupakan pekerjaan aktif yang sedang berlangsung. Tidak semua orang mampu tetap tenang setiap saat ketika menanggapi situasi sulit.

7 Tanda Dewasa Secara Mental

1. Menjadi Fleksibel

Terlalu mudah untuk berasumsi bahwa segala sesuatunya akan berjalan sesuai rencana, atau bahwa suatu situasi atau peristiwa akan berjalan lancar karena selalu ada waktu di masa lalu. Orang yang matang secara mental dapat memikirkan berbagai hal dan menghasilkan Rencana B atau bahkan C yang layak sesuai kebutuhan sehingga suatu situasi dapat ditangani.

2. Mengambil Kepemilikan & Tanggung Jawab

Orang yang dewasa secara mental mampu mengakui kesalahan mereka sendiri dan tidak langsung menyalahkan orang lain. Ini membutuhkan tingkat kejujuran dan penerimaan diri.

3. Mengetahui Bahwa Mereka Tidak Tahu Segalanya

Orang yang dewasa secara emosional tahu apa yang tidak mereka ketahui, dan juga tahu bahwa cara mereka sendiri dalam melakukan sesuatu mungkin bukan satu-satunya cara atau bahkan cara terbaik. Mereka tidak berdebat “hanya untuk menjadi benar” atau untuk menunjukkan dominasi untuk bertanggung jawab.

4. Mereka Mencari Pembelajaran dan Pertumbuhan Dari Setiap Peluang

Orang yang dewasa secara mental mencari apa yang dapat di pelajari dari situasi atau peluang apa pun, dan mencari peluang pertumbuhan di dalamnya, bertanya, “Bagaimana saya bisa belajar dan tumbuh dari ini ?”

5. Mereka Secara Aktif Mencari Berbagai Sudut Pandang Untuk Membantu Menginformasikan Diri Mereka Sendiri

Orang yang dewasa secara mental secara aktif berusaha untuk menginformasikan pendapat mereka sendiri dengan secara aktif mencari sudut pandang orang lain. Mereka tidak merasa terancam oleh ketidaksepakatan, tetapi terlihat di informasikan oleh orang-orang, dan tidak takut untuk mempertanyakan kedua keyakinan mereka sendiri, mengetahui bahwa mereka tidak ada dalam ruang hampa.

6. Mereka Tetap Tangguh

Dalam menghadapi kesal, kemunduran, atau kekecewaan, orang yang dewasa secara mental akan mengakui perasaan mereka, mengidentifikasi apa yang dapat di lakukan, dan kemudian memutuskan langkah apa yang harus di ambil untuk melanjutkan.

7. Mereka Memiliki Watak yang Tenang

Orang yang dewasa secara emosional memang marah tetapi jangan biarkan emosi mendikte respons mereka. Mereka bertujuan untuk memiliki pikiran yang jernih dengan tujuan agar rasionalitas mendikte bagaimana menangani situasi secara efektif dan juga melihat semua opsi yang tersedia untuk mencapai resolusi yang sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.