Tip of The Tongue! Fenomena Lupa Kata saat Berbicara

oleh -46 views
tip of the tongue
souce: Google

ZETIZEN ADAR CIEBON – Pernahkah Kamu di tanya pertanyaan yang Kamu tahu jawabannya, tetapi menemukan diri Kamu berjuang untuk memikirkan kata yang benar? “Oh, aku tahu ini,” Kamu mungkin berkata. “Aku tahu itu di mulai dengan B.” Hal ini di kenal sebagai lethologica atau fenomena Tip of The Tongue. (herdi)

Psikolog mendefinisikan fenomena ini sebagai perasaan yang menyertai ketidakmampuan sementara untuk mengambil informasi dari memori.

Beberapa hal menarik yang peneliti temukan tentang lethologica antara lain:

  • Fenomena ini bersifat universal. Survei menunjukkan bahwa sekitar 90% penutur bahasa yang berbeda dari seluruh dunia melaporkan mengalami saat-saat di mana ingatan tampaknya tidak dapat di akses untuk sesaat.
  • Momen-momen ini cukup sering terjadi dan frekuensi ini meningkat seiring bertambahnya usia. Orang-orang muda biasanya memiliki momen-momen tip-of-the-lidah sekitar sekali setiap minggu, sementara orang dewasa yang lebih tua menemukan bahwa itu mungkin terjadi sesering sekali setiap hari.
  • Orang sering mengingat sebagian informasi. Misalnya, mereka mungkin mengingat huruf awal dari kata yang mereka cari atau jumlah suku kata yang terkandung dalam kata tersebut.

Mengapa Orang Mengalami Keadaan Tip of The Tongue?

Bagaimana para peneliti menjelaskan lethologica? Bahasa adalah proses yang sangat kompleks. Sebagian besar waktu, proses ini berlangsung begitu mudah sehingga kita hampir tidak memikirkannya lagi. Kami memikirkan sesuatu, otak memberikan kata-kata untuk mewakili ide-ide abstrak ini, dan kami berbicara apa yang ada di pikiran kami. Tetapi karena proses ini begitu kompleks, segala macam hal bisa salah, termasuk momen Tip of The Tongue.

Peristiwa tip-of-the-lidah lebih mungkin terjadi ketika orang lelah, meskipun fitur memori lainnya seperti seberapa baik informasi di kodekan dan adanya memori yang mengganggu juga dapat memiliki pengaruh.

Bisakah Kamu Melakukan Apa Pun untuk Mencegahnya?

Beberapa peneliti telah menemukan bahwa keadaan Tip of The Tongue mungkin memainkan peran adaptif dalam memori dan proses belajar. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa semakin banyak waktu yang di habiskan orang untuk menghadiri pengalaman Tip of The Tongue, semakin baik pembelajaran dan ingatan mereka tentang materi itu di masa depan.

Namun, peneliti lain telah menemukan bahwa menghabiskan waktu untuk mencoba mengingat informasi yang tampaknya ada di ujung lidah Kamu sebenarnya bisa menimbulkan masalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.