,

10 Jurus Ampuh Atasi Rasa Takut Public Speaking, Udah Coba?

oleh -65 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – “Kok bisa orang-orang pada lancar dan pede public speaking?” Pernahkah kamu berpikir seperti itu? Nah, bagi kamu yang masih sering merasa takut berbicara di depan umum gak perlu khawatir lagi sob, karena artikel ini mau kasih 10 tips sukses public speaking buat kamu! (az)

Ini dia beberapa tips public speaking mulai dari persiapan sampai dengan praktek berbicaranya, simak yuk!

1. Persiapan dan Latihan untuk Mengatasi Gugup

Perasaan cemas dan gugup itu wajar, setiap orang pasti mengalaminya. Kamu hanya butuh persiapan, latihan, dan latihan lebih sering lagi untuk mengatasi itu, tidak ada cara lain.

2. Pahami Siapa Audiensmu

Ketika sedang berbicara, kita harus berusaha mengerti kondisi pendengar. Jadi, gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh audiens ya!

3. Tuliskan Poin-poin Penting dalam Kertas

Tulis topik, tujuan, ide utama, dan sub-ide di kertas dengan ringkas. Ini akan memudahkanmu menyampaikan pesan secara terstruktur dan rapi.

4. Perhatikan Respon Audiens

Perhatikan respon mereka untuk mengetahui apakah mereka menikmati atau justru jenuh. Dengan mengetahui respon audiens, kamu dapat mengatur cara penyampaian supaya lebih bisa diterima.

5. Jadilah Dirimu Sendiri

Audiens akan lebih percaya dengan seseorang yang berbicara dengan gaya bahasa dan karakternya sendiri. Jadi, gunakan saja cara yang membuatmu nyaman dan sesuai dengan karaktermu.

Baca juga: Problem Solving Skill untuk Pemula

6. Gunakan Humor, Cerita, dan Bahasa yang Sederhana

Masukkan cerita-cerita lucu dalam presentasimu. Tidak perlu pusing mencarinya, kamu bisa menceritakan pengalaman unikmu sendiri. Humor akan membuatmu terlihat natural.

7. Jangan Membaca

Berbicara di depan umum sambil membaca hanya akan membuat audiens bosan, kecuali di forum-forum tertentu seperti pidato resmi kenegaraan. Biasakan cukup memahami poin-poin pesanmu saja, lalu sampaikan tanpa membaca teks.

8. Gunakan Komunikasi Nonverbal

Perhatikan tangan, mimik wajah, senyum, gerak kaki, dan pandangan matamu. Maksimalkan penggunaan aspek-aspek tersebut untuk menguatkan pesan yang ingin kamu sampaikan.

9. Curi Perhatian di Awal dan di Akhir

Pembicaraan yang dimulai dengan “Di kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pesan tentang topik X” Ccenderung tidak menarik bagi banyak orang. Maka dari itu, gunakan permulaan yang menarik, misalnya dengan kutipan tokoh. Di akhir, simpulkan poin utamamu secara ringkas.

Baca juga: Apakah Kreativitas Bisa Dilatih?

10. Jangan Terlalu Cepat dan Lama

Atur intonasi bicaramu, jangan terlalu cepat. Atur durasi bicaramu, jika terlalu lama akan membuat audiens sulit mengingat pesan yang kamu sampaikan.

“The art of communication is the language of leadership.”

– James Humes
(Penulis Pidato Kepresidenan)

Sumber: https://pemimpin.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.