,

12 Pekerjaan Sampingan Anak SMA, Buat Tambahan Uang Saku!

oleh -425 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Siapa di antara kamu yang sering bertanya-tanya, apakah ada pekerjaan yang cocok untuk anak SMA tanpa mengganggu waktu belajar? Jawabannya tentu ada. Terlebih di era modern seperti saat ini, teknologi telah memudahkan hasrat kamu yang mau dapat uang dari jerih payah sendiri walau masih berstatus pelajar. (az)

Ini dia pekerjaan atau bisnis yang cocok untuk anak SMA seperti kamu bisa jalani tanpa mengganggu waktu belajar. Yuk, kita cari tahu satu demi satu.

1. Penulis freelance

Pekerjaan yang cocok untuk anak SMA yang pertama pas banget buat kamu yang hobi menulis, apalagi kalau uda banyak yang bilang tulisanmu bagus. Yaitu menjadi penulis freelance.

Terlebih saat kini udah banyak sekali situs online yang mau membayar tulisanmu untuk ditayangkan sebagai konten mereka, seperti Getcraft, Babe, dan lainnya.

Misalnya satu artikelmu dihargai Rp30 ribu, jika kamu menulis satu hari satu, berarti dalam satu minggu kamu akan mendapatkan uang tambahan sebesar Rp210 ribu (Rp30 ribu x 7).

Layak banget ya dijadikan pekerjaan untuk anak SMA yang hobi menulis?

2. Blogger

Punya blog dan memiliki banyak pengikut? Sayang banget kan kalau didiamkan gitu aja. Pasalnya kamu bisa mendapatkan dari blog milikmu lho.

Gimana caranya ya?

Sejak awal membuat blog tentu kamu sudah memiliki konsep atau fokus pada satu bidang seperti fashion, cosmetics dan lainnya.

Contohnya jika kamu blogger makeup, kamu bisa fokus ke review produk. Berikan review yang lengkap dan menarik dengan begitu cepat atau lambat akan ada brand yang menawarkan jasa endorse.

Lumayan, penghasilan dari pekerjaan ini kalau untuk sekali endorse saja, kamu yang notabene masih anak SMA dapat bayaran Rp500 ribu.

3. Bisnis online shop

Kini banyak yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang, salah satunya adalah dengan bisnis online shop yang mudah dan menguntungkan untuk anak SMA.

Nah, kamu bisa nih mulai coba bisnis online shop kecil-kecilan kayak baju atau hijab yang memang kini lagi laris manis banget dijual di pasaran.

4. Jual pulsa

Jualan pulsa juga bisa menjadi salah satu bisnis yang mudah dikelola dan menguntungkan untuk anak SMA mendapatkan duit tambahan.

Kamu bisa menawarkan teman-teman sekelasmu terlebih dahulu. Bisnis ini biasanya cepat menyebar mulut ke mulut.

Lumayan kan kalau satu sekolah beli pulsa sama kamu, walaupun keuntungannya sedikit tapi kalau yang beli banyak kamu bisa menghasilkan uang yang lumayan.

5. Jasa ketik

Kamu bisa ngetik dan cepat dan rapi? Nah, kamu yang masih SMA bisa memanfaatkan keahlian untuk merintis bisnis jasa pengetikan.

Hanya bermodalkan laptop, kamu udah bisa mengumpulkan pundi-pundi duit. Lumayan banget kan jadi gak perlu minta uang jajan lagi sama orang tua?

6. Dropshipper

Belum punya cukup uang untuk buka online shop tapi mau dapatin duit tambahan?

Jangan berkecil hati dulu ya, karena kamu tetap bisa menghasilkan duit tambahan kok dengan menjadi dropshipper.

Gak keluar modal tapi menghasilkan duit. Bisnis untuk anak SMA yang super mudah dikelola ini bisa dimulai kapan saja.

7. Fotografer

Banyak yang bilang kalau hasil jepretanmu bagus? Gak usah ragu lagi ya untuk dapatin duit tambahan jadi fotografer.

Lumayan kan kalau kamu mendapat bayaran Rp500 ribu sampai Rp1 juta untuk jasa prewedding. Jelas ini adalah bisnis yang menguntungkan sekaligus santai buat anak SMA seperti kamu.

8. Social Media Influencer

Kamu tentu ga asing kan dengan pekerjaan satu ini? Memiliki kemampuan, style, maupun keterampilan dalam berfoto menjadi poin plus sendiri lho. Kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai pekerjaan guys.

Namun, perlu diingat pekerjaan satu ini memerlukan waktu dan ketekunan ekstra sobat! Kamu harus membuat konten di social media. Mulai dari Youtube, Instagram, sampai yang terbaru ini Tiktok guys.

9. Jasa desain grafis

Yup, bener banget! Tentunya sebagai generasi Z maupun generasi milenial pasti tidak asing dengan desain grafis nih. Bahkan beberapa sekolah pun membuka ekstrakurikuler untuk para remaja yang mencintai dunia desain grafis.

Nah, hal ini perlu banget kamu manfaatkan sebagai ladang penghasilan guys. Tentunya banyak perusahaan yang memerlukan jasa desain grafis dalam berbagai acara maupun tujuan.

Kunci dari pekerjaan ini adalah belajar untuk menyesuaikan skill yang kamu miliki dengan selera yang dimiliki masyarakat. Tentunya perusahaan menginginkan desain unik dan menarik perhatian masyarakat dong!

10. Jasa editing video

Tak jauh beda dengan desain grafis, editing video adalah pekerjaan yang bisa dilakukan segala umur kok. Kamu hanya memerlukan skill dan kelengkapan yang mumpuni guys!

Selain itu, banyak juga tutorial yang tersedia di YouTube guys!

Jadi, untuk melatih skill kamu agar menjadi lebih mahir, kamu bisa mempelajarinya dengan mudah melalui Youtube. Banyak juga perusahaan maupun Youtuber yang memerlukan editor video secara freelance juga.

11. Jualan makanan

Kamu bisa bikin makanan ringan seperti donat, lontong dan lainnya? Kamu bisa menitip makanan buatan kamu ke kantin sekolah.

Kalau satu makanan aja kamu untung Rp500 dan setiap hari terjual 30 makanan. Berarti dalam sehari kamu bisa mengantongi Rp500 x 30 = Rp15.000.

Oya, bisnis ini bisa kamu kelola bersama keluarga atau sesama teman di satu sekolah SMA untuk mendapatkan profit bareng-bareng.

Selain 15 pekerjaan atau bisnis di atas, masih ada satu cara lagi untuk kamu yang masih SMA dapat duit tambahan.

Kamu bisa memasarkan produk asuransi bareng Lifepal. Di sini, kamu bisa dapat penghasilan hingga Rp30 juta sebulan lho! Hebatnya lagi, kamu dan teman-temanmu bisa membentuk jaringan sendiri.

12. Investasi

Masih ada satu lagi cara yang kamu bisa andalkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, yaitu investasi.

Investasi adalah aktivitas finansial dengan menanamkan sejumlah uang atau benda berharga untuk kemudian dikembangkan sehingga menghasilkan margin keuntungan yang bisa diambil sebagai keuntungan pribadi.

Tentu instrumen investasi yang menguntungkan ada banyak dan risikonya pun berbeda-beda.

Sumber: wirahadie.com & lifepal.co.id

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatur Uang Gaji Bulanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.